Beginilah Penjelasan Rinci Louis Van Gaal Soal Kartu Merah Rooney
Pada laga vs West Ham United, kapten Wayne Rooney diusir keluar lapangan pada menit ke-60 akibat menendang bagian perut pemain lawan, Stewart Dawning.

Pelatih Louis van Gaal mengakui bahwa Wayne Rooney telah “terlalu tidak ramah” setelah ia diusir dari lapangan karena tendangan ke arah Stewart Downing pada kemenangan 2-1 untuk Manchester United, yang menit-menit akhirnya dihiasi dengan kemarahan Sam Allardyce setelah upaya terakhir West Ham dari Kevin Nolan dianulir karena offside.

Rooney mencetak gol pembuka tapi dikartumerah langsung di depan Roy Hodgson, manajer timnas Inggris, setelah pelanggaran sebelum menit ke-60 itu.

Allardyce menggambarkan aksi tendangan Rooney itu sebagai “sinis” dan tantangan yang “benar-benar payah”, tetapi Van Gaal menolak untuk menjawab pertanyaan media, tentang apakah hal itu menunjukkan bahwa Rooney memiliki cacat sebagai kapten klub. “Ini bukan sebuah analisis yang baik atau pertanyaan yang bagus,” katanya.

Rooney telah mengejar Downing pada setengah lapangannya sendiri dan Van Gaal mengatakan itu adalah upaya pemain untuk menghentikan pemain West Ham yang mencoba melakukan sebuah serangan balik kilat.

“Saya bisa mengerti mengapa ia membuat tekel itu tapi saya pikir Anda harus jauh jauh lebih ramah dari itu,” katanya. “Dia melakukannya terlalu tidak ramah ( “He did it too unfriendly”) dan itu mungkin kesalahannya yang terbesar.”

“Dalam sepak bola profesional, Anda membuat pelanggaran profesional. Saya telah melihat hal itu terjadi lima atau enam kali hingga hari ini dan, secara profesional, saya bisa mengerti.”

“Tapi saya juga melihat pelanggaran dari West Ham yang tidak dihukum dengan cara yang sama, sehingga agak aneh. Saya telah melihat pelanggaran profesional lainnya tanpa kartu kuning atau merah.”

Robin van Persie mencetak gol kedua bagi tim Van Gaal sebelum Diafra Sakho membuat kedudukan menjadi 2-1 sebelum babak pertama dan Allardyce telah dirugikan karena gol Nolan, sebagai pemain pengganti, ditolak dengan alasan offside yang meragukan.

“Jika hakim garis bisa melihat kepalanya offside, dia adalah hakim garis super, seorang manusia super. Dasar pel*r besar. Ini adalah onside bagi saya.”

Rooney kini akan kehilangan tiga pertandingan timnya melawan Everton, West Bromwich Albion dan Chelsea. “Ini adalah sebuah kehilangan besar karena dia bermain sangat baik,” kata Van Gaal, memuji para pemainnya karena bisa bertahan dari serangan gencar di akhir pertandingan.

“Anda harus berjuang, berjuang dan berjuang dan saya sangat senang dengan sikap pemain saya. Mereka telah berjuang sampai akhir dan setelah pertandingan aku mengatakan kepada mereka [ketika Anda melakukan itu] Anda akan dihargai dengan hasil yang baik.”

Advertisement