Akhirnya, Manchester United Meniru Langkah Manchester City

Berita Liga Inggris: Aturan Financial Fair Play (FFP) yang diterapkan UEFA menimbulkan banyak kesulitan bagi klub yang berlebih uang, misalnya karena bos yang duitnya tidak berseri. Akhirnya mereka mencari celah-celah hukum dan Manchester City adalah yang pertama menemukan terobosan ini.

Liga Inggris  - Akhirnya, Manchester United Meniru Langkah Manchester City
Berita Bola: Akhirnya, Manchester United Meniru Langkah Manchester City

Berita Liga Inggris: Aturan Financial Fair Play (FFP) yang diterapkan UEFA menimbulkan banyak kesulitan bagi klub yang berlebih uang, misalnya karena bos yang duitnya tidak berseri. Akhirnya mereka mencari celah-celah hukum dan Manchester City adalah yang pertama menemukan terobosan ini.

FFP adalah aturan yang mengharuskan klub-klub Eropa melakukan pembelian pemain dalam enam tahun terakhir nilainya harus setara dengan penjualan yang dilakukannya dalam enam tahun terakhir.

Salah satu cara mengatasi hambatan FFP adalah dengan membeli klub-klub sepakbola di seluruh dunia, lalu pemain incaran dibeli oleh klub ini, guna mengatasi pembatasan budget pembelian.

Hal ini dilakukan oleh Manchester City yang menyatakan mendapatkan Frank Lampard sebagai pinjaman dari klub saudaranya, New York City FC. Budget pembelian Lampard masuk dalam pembukuan NYCFC, bukan Manchester City, dan karenanya aman dari aturan FFP.

Manchester City juga sudah membeli sebuah klub di Australia, Melbourne Heart, yang kini sudah berganti nama menjadi Melbourne City FC.

Kini sebuah rumor baru telah meruak di Australia pada hari Kamis, bahwa Manchester United mungkin akan membeli sebuah tim A-League.

Menurut laporan dari stasiun radio 3AW Aussie, Manchester United sedang mempertimbangkan untuk membeli Melbourne Victory.

Jika rumor itu terbukti akurat, Manchester United bisa melakukan perang di Australia dengan tetangga berisik mereka itu, Manchester City.

Melbourne City, sebelumnya dikenal sebagai Melbourne Heart, diakuisisi oleh City Football Grup sebesar Rp 140 Milyar pada Januari tahun lalu.

Reporter 3AW Sam McClure menyampaikan kabar soal potensi pembelian Manchester United sebagai berikut:

“Setelah menyaksikan keberhasilan pembelian Manchester City atas Melbourne (Heart), mereka (United) dengan serius mempertimbangkan mengikuti jejak dari tetangga berisik mereka itu, dan membeli (Melbourne) Victory tersebut.”

“Yang saya katakan, adalah bahwa dalam waktu lima tahun Melbourne derby bisa berubah menjadi City v United.”

Sebagai catatan, Melbourne Victory baru saja meraih gelar A-Liga ketiga mereka, sementara klub itu secara luas dianggap sebagai klub terbaik di Australia.