Begini Nasihat Zidane kepada Anthony Martial

Bomber muda Manchester United, Anthony Martial, dibebani ekspektasi besar dari klub dan pendukung Setan Merah. Itu adalah konsekuensi logis dari harganya yang selangit. Legenda Perancis, Zinedine Zidane, memberikan masukan agar yuniornya itu tahan banting.

Liga Inggris  - Begini Nasihat Zidane kepada Anthony Martial
Zinedine Zidane

Bomber muda Manchester United, Anthony Martial, dibebani ekspektasi besar dari klub dan pendukung Setan Merah. Itu adalah konsekuensi logis dari harganya yang selangit. Legenda Perancis, Zinedine Zidane, memberikan masukan agar yuniornya itu tahan banting.

Seperti banyak diberitakan sebelumnya Martial diboyong dengan harga transfer 80 juta Euro dari Monaco pada musim panas 2015. Nilai transfer itu sangat mencengangkan dan banyak dikritik media Inggris karena dianggap terlalu tinggi untuk seorang pemain berusia 19 tahun.

Apa boleh buat, nasi sudah menjadi bubur. Kontrak sudah ditandatangani dan tak mungkin ditarik lagi. Untuk sementara Martial berhasil menjawab keraguan banyak orang lewat penampilan ciamiknya dengan mencetak empat gol sejauh ini.

Sudah cukup? Tentu saja tidak. Sampai dia mempersembahkan gelar pertama bagi Manchester United terwujud, barulah ekspektasi, tekanan dan bahkan cemoohan baru mungkin akan berkurang. Jika tidak maka dia akan terus menjadi sasaran kritik, seperti halnya yang dialami Angel Di Maria dan Radamel Falcao musim lalu.

Zinedine Zidane yang pernah merasakan bagaimana beratnya beban tanggungjawab sebagai pemain termahal pun ikut memberikan saran. Dia meminta kepada yuniornya dari Perancis itu untuk terus berlatih keras meningkatkan performa dan membuktikan kepada publik kalau dirinya layak dibayar mahal.

“Dia (Martial) harus membuktikan bahwa ia pantas diharga seperti itu,” kata Zidane kepada Canal Plus. “Apalagi usianya masih sangat muda (19 tahun) untuk seorang pemain profesional,” sambungnya.

Zidane pun membandingkan harga sewaktu ia dibeli oleh Real Madrid dari Juventus dengan mahar mencapai 75 juta euro pada musim panas 2001. Ketika itu dia berusia 29 tahun, terbilang sudah dalam usia matang dan berada di puncak penampilannya.

“Ketika saya dibeli dengan harga mencapai 75 juta euro saya sudah berusia 29 tahun. Namun itu bukanlah menjadi masalah sekarang, jelas dia harus memiliki mental yang kuat untuk menjawab transfer besar itu,” tegas Zidane

Sejauh ini, Martial cukup memperlihatkan kapasitasnya sebagai pemain hebat. Saat ini, pemain yang sempat didekati Chelsea tersebut sudah mencetak 4 gol untuk pasukan Louis van Gaal.

Sepakbola.cc