Belanda Dituntut Bayar Kompensasi Rp 200 Milyar

Belanda sudah gagal lolos ke Euro 2016, kini ditagih pula kompensasi sebesar Rp 200 Milyar akibat cederanya kiper Tim Krul dan harus istirahat sampai Agustus 2016. Dari mana angka segitu? Begini penjelasannya ….

Liga Inggris  - Belanda Dituntut Bayar Kompensasi Rp 200 Milyar

Berita Liga Inggris : Belanda sudah gagal lolos ke Euro 2016, kini ditagih pula kompensasi sebesar Rp 200 Milyar akibat cederanya kiper Tim Krul dan harus istirahat sampai Agustus 2016. Dari mana angka segitu? Begini penjelasannya ….

Newcastle United selaku klub pemilik Krul akan memasukkan tagihan kompensasi untuk cedera yang diderita Tim Krul.

Dalam prakteknya kompensasi itu akan dibayarkan oleh FIFA, yang berkepentingan agar klub-klub bersedia meminjamkan para pemainnya untuk laga-laga internasional dan acara-acara FIFA.

Kiper Krul absen untuk sisa musim ini setelah mengalami robek ligamen anterior lutut saat membela Belanda pada kemenangan atas Kazakhstan di kualifikasi Euro 2016, Sabtu akhir pekan lalu.

Krul tidak akan bisa tampil lagi sampai Agustus mendatang, dan klub akan berkonsentrasi pada pemulihan sang pemain.

Ketidakhadirannya jelas merupakan pukulan besar yang bisa jadi bernilai sangat mahal untuk pasukan Steve McClaren, yang saat ini berada di dasar klasemen dan belum pernah mencatatkan kemenangan liga musim ini.

Mulai musim depan bayaran Premier League akan naik beberapa kali lipat seturu naiknya hak siar TV. Karena itu lebih banyak lagi kepentingan untuk tetap bertahan di divisi teratas Inggris daripada sebelumnya.

Newcastle akan mengajukan klaim ke Program Perlindungan Klub di bawah FIFA.

Badan itu sudah membayarkan uang sebesar Rp 600 Milyar untuk menyelesaikan 126 kasus di musim antara 2012-2014 – sampai maksimum sebesar Rp 110 Milyar per cedera.

Jumlah tersebut dihitung berdasarkan gaji pemain yang harus dibayarkan sementara si pemain “tidak bisa bermain akibat pertandingan internasional.”

Federasi Sepakbola Belanda menerbangkan Krul kembali ke Tyneside dengan jet pribadi pada hari Minggu sehingga petugas medis klub bisa mempelajari sejauh mana cedera yang terjadi pada lapangan buatan yang licintersebut dan memulai proses pengobatan.

Newcastle pernah memenangkan kompensasi sekitar Rp 200 Milyar untuk cedera lutut yang diderita striker Michael Owen selama ia bertugas bagi Inggris di Piala Dunia 2006.

 

Sepakbola.cc