Coba Bantuin Wasit Dulu, Ini Gol Atau Bukan Gol?

Berita Bola: Coba bantuin wasit ini dulu. Apakah tendangan dalam adu penalti ini termasuk gol yang sah atau tidak?

Berita Bola: Coba Bantuin Wasit Dulu, Ini Gol Atau Bukan Gol?
Berita Bola: Coba Bantuin Wasit Dulu, Ini Gol Atau Bukan Gol?

Berita Bola: Coba bantuin wasit ini dulu. Apakah tendangan dalam adu penalti ini termasuk gol yang sah atau tidak?

Sebuah keputusan kontroversial dalam pertandingan Skotlandia U14 telah menyebabkan kehebohan di kalangan penggemar sepak bola dan perdebatan terus berlangsung di internet.

Insiden ini terjadi dalam pertandingan antara Newcraighall Leith Vics vs Hutchison Vale ketika kiper Vics membanting tubuhnya ke arah yang tepat sehingga melakukan penyelamatan sebelum menjatuhkan bola di belakangnya untuk merayakannya.

Sayangnya untuk sang kiper, bola menggelinding kembali melintasi garis gawang dengan wasit mengesahkan gol itu, disertai rasa kaget dari kiper dan rekan satu timnya.

Keputusan ini menimbulkan debat secara online, benarkah itu gol yang sah? Bukankah penyelamatan sudah terjadi. Bagaimana jika bola masuk sesudah penyelamatan, apakah masih dihitung gol?


Mantan wasit Willie Young menjelaskan mengapa keputusan itu sesungguhnya adalah benar.

“Aturan menyatakan tendangan penalti baru dinyatakan selesai ketika wasit memutuskan itu,” katanya, berbicara dengan Skotlandia STV.

“Aturan juga menyatakan bahwa ‘ketika penalti diambil … gol diberikan jika, sebelum melewati antara tiang gawang dan di bawah mistar gawang, bola menyentuh salah satu atau keduanya dari tiang gawang dan/atau mistar gawang dan/atau kiper.”

Aneh itu bukan pertama kali terjadi. Maroko pesepakbola Khalid Askri mengalami hasil yang sama saat bermain untuk FAR Rabat di Botola Pro, kompetisi sepak bola top Maroko.

Di atas ini, Dro kiper Loris Angeli, yang bermain di sebuah laga playoff divisi ketujuh Italia, menderita nasib yang bahkan lebih aneh lagi ketika bola memantul dari mistar gawang hanya untuk berputar kembali ke jala gawang.

 

Sepakbola.cc