Didenda Semilyar, Begini Ledakan Amarah Mourinho

Tengah tertekan dengan posisi No 16 yang diderita Chelsea di klasemen Premier League, manajer Jose Mourinho dijatuhi denda Rp 1,05 Milyar. Ya terang saja ia meledak. Entah apakah isi kemarahan itu akan menyebabkan ia terkena sanksi berikutnya.

Liga Inggris  - Didenda Semilyar, Begini Ledakan Amarah Mourinho

Berita Liga Inggris : Tengah tertekan dengan posisi No 16 yang diderita Chelsea di klasemen Premier League, manajer Jose Mourinho dijatuhi denda Rp 1,05 Milyar. Ya terang saja ia meledak. Entah apakah isi kemarahan itu akan menyebabkan ia terkena sanksi berikutnya. 

Manajer Chelsea Jose Mourinho mengatakan denda yang dijatuhkan kepadanya oleh Asosiasi Sepakbola Inggris adalah sesuatu yang “memalukan”.

Usai laga kekalahan timnya 3-1 vs Southampton, Mourinho mengatakan ofisial pertandingan “terlalu takut” untuk memberi hukuman penalti kepada Chelsea.

Ucapan ini dianggap menghina ofisial pertandingan dan FA Inggris pun bertindak.

Pada hari Rabu diumumkan bahwa pelatih berusia 52 tahun itu juga telah diberi hukuman larangan masuk stadion, namun hal itu ditangguhkan sampai ia melakukan pelanggaran serupa berikutnya.

“Saya senang saya tidak dipasangi tag elektronik,” kata si manajer Portugis itu, Kamis, merujuk pada gelang kaki yang seringkali dikenakan ex napi yang berbahaya bagi masyarakat umum.

“Rp 1 Milyar adalah memalukan. Kemungkinan mendapatkan larangan masuk stadion lebih menakjubkan lagi.”

Mourinho juga menyinggung tidak adanya hukuman untuk manajer Arsenal Arsene Wenger – mesi tanpa menyebut nama bos Gunners itu.

Dia merasa dirugikan karena Wenger bisa pergi tanpa hukuman setelah menyebut wasit Mike Dean “lemah” dan “naif” menyusul kekalahan 2-0 Arsenal oleh Chelsea bulan lalu.

Mourinho mengklaim FA telah menetapkan preseden yang berbahaya karena membatalkan kartu merah yang diberikan kepada pemain Arsenal Gabriel, yang diusir keluar karena menendang striker Chelsea Diego Costa.

Wenger juga tidak terkena tindakan apa pun setelah mendorong Mourinho di kotak teknis Stamford Bridge di Oktober 2014.

“Takut menyebabkan kamu terkena semilyar. Lemah dan naif, nah Anda dapat melakukannya,” tambah Mourinho, yang menandatangani kontrak baru berdurasi empat tahun di Chelsea pada bulan Agustus lalu.

“Kita bisa kok mendorong orang-orang di kotak teknis. Kita bisa, tidak ada masalah.”

Dalam sebuah wawancara dengan wartawan BBC Dan Walker, yang akan ditampilkan di Football Focus hari Sabtu, Mourinho menegaskan ketidakbahagiaan relasinya dengan FA.

Ketika ditanya apakah hubungannya dengan badan sepak bola Inggris itu bisa diperbaiki, ia berkata: “Ini bukan hubungan saya dengan FA, itu hubungan mereka terhadap saya.”

“Anda harus menganalisis apa yang terjadi dengan saya, bandingkan dengan manajer lain. Apakah Anda pikir kata-kata sebanding dengan dorongan di mata semua orang?

“Saya tidak bisa mengatakan apa-apa karena jika saya berkomentar tentang itu, ada larangan serius masuk stadion dan kemudian setelahnya tag elektronik.”