Enam Pekan Enam Cedera Enam-enamnya Pakai Nike

Sudah enam pemain cedera lutut dalam enam minggu terakhir dan keenam pemain itu mengenakan sepatu Nike. Kebetulan belaka?

Liga Inggris  - Enam Pekan Enam Cedera Enam-enamnya Pakai Nike

Berita Liga Inggris : Sudah enam pemain cedera lutut dalam enam minggu terakhir dan keenam pemain itu mengenakan sepatu Nike. Kebetulan belaka? 

Ada enam pemain Premier League yang mengalami cedera ligamen di enam minggu terakhir dan semuanya mengenakan sepatu Nike – tapi oleh para ahli disebutkan semua kejadian itu hanya sebuah “kebetulan yang tidak menyenangkan.”

Pada hari Kamis terungkap bahwa striker Liverpool Danny Ings menderita cedera lutut serius dalam pelatihan dan akan keluar untuk sisa musim ini.

Kabar tidak menyenangkan bagi manajer baru Jurgen Klopp karena datang hanya dalam waktu 24 jam setelah terungkap bahwa bek kiri The Reds Joe Gomez absen untuk setahun penuh setelah mengalami cedera yang sama saat bertugas dengan tim U21 Inggris. Dan ternyata bukan hanya mereka yang mengalami masalah ini.

Dalam waktu enam minggu tim yang baru saja promosi ke Premier League, Bournemouth, sudah kehilangan striker menjanjikan Callum Wilson, pemain baru senilai Rp 300 Milyar Max Gradel dan Tyrone Mings untuk cedera robek ligamen cruciatum.

Di ujung lain negeri, Newcastle United juga harus pusing memikirkan kiper mereka setelah opsi pertama Tim Krul kena cedera ligamen saat ia bermain melawan Kazakhstan untuk tim nasional Belanda dan mengalami cedera gara-gara lapangan dengan rumput artifisial yang digunakan selama laga kualfikasi Euro 2016.

Empat dari keenam cedera itu memakai sepatu Nike Magista, sementara Ings dan Gradel menggunakan Mercurial Vapor X ketika bencana itu melanda.

Namun, para ahli cedera sepak bola dan sepatu mengatakan itu bukan salah Nike dan bahwa semua itu hanyalah sebuah ‘kebetulan yang tidak menyenangkan’.

Ben Dinnery, cedera analis data dari premierinjuries.com, menjelaskan: “Tidak ada yang menyebutkan bahwa ini adalah masalah dengan alas kaki dan tentu saja bukan Nike masalahnya.”

“Dalam hampir semua kasus telah ada beberapa sebab bersamaan, baik terkait dengan rumput maupun pemain lawan.”

“Dalam setiap kasus ada kekuatan eksternal. Saya pikir di Bournemouth dua dari cedera terjadi di daerah yang sama dari lapangan tapi itu hanya kebetulan.”

“Ini semua tentang bagaimana cedera terjadi.”

Sebuah sumber di industri alas kaki mengiyakan komentar Dinnery ini.

“Cedera adalah bagian dari sepak bola dan mereka selalu terjadi,” kata mereka.

“Merek apa yang sedang dipakai adalah kebetulan semata, ini tidak ada hubungannya dengan sepatu.”

Nike sendiri menolak berkomentar.

Sepakbola.cc