FIFPro Sarankan Jose Mourinho Dipenjara Maksimal Tiga Tahun

Organisasi pesepakbola FIFPro mengusulkan agar Jose Mourinho dimasukan ke hotel prodeo atas tindakannya kepada Bastian Schweinsteiger di Manchester United.

Berita Bola Manchester United – Organisasi pesepakbola FIFPro mengusulkan agar Jose Mourinho dimasukan ke hotel prodeo atas tindakannya kepada Bastian Schweinsteiger di Manchester United.

Manchester United dengan manajer anyarnya Jose Mourinho mengeluarkan kebijakan kepada Bastian Schweinsteiger dengan memintanya berlatih bersama tim reserve.

Kebijakan tersebut dikeluarkan karena Schweinsteiger termasuk dari sembilan pemain yang sudah tidak dibutuhkan lagi jasanya di Old Trafford.

Sontak, aksi Mourinho itu mendapatkan kritikan keras dari mantan klub Schweinsteiger Bayern Munich yang akan pikir-pikir lagi menjual pemain ke United di masa mendatang.

Bukan hanya dari Die Roten, namun anggota direksi FIFPro Dejan Stefanovic pun melancarkan kecaman atas perlakukan kepada eks punggawa Der Panzer tersebut.

FIFPro sendiri merupakan organisasi pesepakbola dunia yang salah satu tugasnya melindungi hak-hak pesepakbola, dari pemain tenar hingga pesepakbola kasta rendah.

Bahkan Stefanovic menyarankan kepada Schweinsteiger untuk menuntut keadilan dengan kompensasi kepada United.

“Jika hal ini terjadi di Slovenia, kamia akan langsung mendakwa Jose Mourinho dan meminta kompensasi yang tinggi karena ia menjadi contoh yang buruk,” ujar Stafanovic.

“Ini sudah jelas merupakan aksi tidak terhormat yang diberikan kepada Bastian. Sayangnya, banyak suporter sepak bola menutup mata karena dia merupakan idola dan mendapatkan banyak uang. Oleh karenanya wajar jika diperlakukan seperti itu.”

“Mereka tidak melihat hak asasi pemain bola setara dengan hak mereka sendiri karena pesepakbola mendapatkan uang yang banyak, dan padahal itu tindakan yang salah.”

“Schweinsteiger seharusnya mengadu ke PFA dan juga meminta hukuman untuk dijatuhkan kepada Mourinho.”

Bukan hanya itu, Stefanovic pun bahkan menyarankan Schweinsteiger untuk maju ke meja hijau.

“(Jika saya yang diperlakukan begitu) saya akan mengadu ke pengadilan. Di kasus kami, kasus pidanya sudah jelas. Jika terjadi intimidasi dan gangguan, maka akan ada sanksi penjara, maksimal tiga tahun di hotel prodeo.”

“Itu terjadi di Slovenia dan di kebanyaka negara-negara Eropa, tapi tidak ada yang mengaplikasikannya (di sepak bola).”

“Biasanya, di kasus kami, cukup memanggil klub dan mengancam klub tapi sepertinya tidak ada yang melakukan hal itu di Inggris,” tambanya.

Sepakbola.cc