Hazard Bakal Bakal Bernasib Buruk Seperti Juan Mata

Di musim ini Eden Hazard bukan lagi sebagai pemain penting seperti musim lalu. Playmaker yang sebelumnya dipuja puji Jose Mourinho itu kini melempem. Dia sudah mulai disingkirkan dari Tim XI Chelsea.

Liga Inggris  - Hazard Bakal Bakal Bernasib Buruk Seperti Juan Mata
Eden Hazard dan Juan Mata

Di musim ini Eden Hazard bukan lagi sebagai pemain penting seperti musim lalu. Playmaker yang sebelumnya dipuja puji Jose Mourinho itu kini melempem. Dia sudah mulai disingkirkan dari Tim XI Chelsea.

Banyak pihak memprediksikan nasib Hazard bakal berakhir buruk seperti yang dialami Juan Mata ketika masih merumput di Chelsea pada musim 2013-2014 lalu. Tanda-tandanya sudah mulai terlihat. Mourinho kini mulai sering tidak memainkan Hazard sejak kick-off. Ketika The Blues meraih tiga poin usai menang 2-0 atas Aston Villa pekan lalu, Hazard masuk sebagai pemain pengganti.

Saat bertandang ke FC Porto di ajang Liga Champions tiga pekan lalu, Hazard juga baru diturunkan di pertengahan babak kedua. Kehadirannya tak banyak membantu karena Chelsea akhirnya kalah 1-2. Pemain asal Belgia itu kini seperti sedang dihukum oleh Mourinho karena penampilannya tak mampu mengangkat performa Chelsea.

Akankah nasib Hazard seperti Juan Mata? Bisa jadi demikian. Mourinho memang dikenal sebagai manajer yang tak segan mencadangkan playmaker terbaiknya agar tim bisa bermain bertahan lebih baik.

Pada musim 2013-14, Mourinho pernah mengasingkan Juan Mata ke bangku cadangan. Eks pelatih Real Madrid tersebut merasa perlu melakukan hal itu karena Mata dianggap tak bisa diandalkan ketika tim diserang. Gara-gara hal itu, Mata kemudian dilepas ke Manchester United pada bursa transfer Januari 2014.

Mata sendiri beberapa hari lalu sempat mengungkapkan rasa penasaarannya kenapa dia disingkirkan oleh Mourinho dan kemudian dijual. Padahal penampilannya waktu itu sangat bagus.

“Saya mencetak banyak gol untuk Manchester United di Liga Primer Inggris sebagaimana untuk Chelsea. Namun dalam 30 pertandingan lebih sedikit,” kata Mata. “Dalam hal mencetak gol dan memberikan umpan, saya cukup bahagia melihat statistik. Dan statistik tidak pernah berbohong. Tapi, kenapa mereka (Chelsea) menjual saya?” tanya Mata penasaran.

Menilik dari kasus Mata, bukan tidak mungkin Hazard juga akan dijual pada bursa transfer musim depan karena tak sesuai dengan skema taktik Mourinho. Isyarat itu tersirat dari pernyataan Mourinho yang mengatakan dirinya tidak hanya butuh permainan bagus, tapi juga pertahanan bagus agar tim tidak kebobolan. Hazard maupun Mata bukanlah tipikal pemain yang bagus dalam bertahan.

“Saya tidak memainkan Hazard sejak awal, itu adalah taktik. Chelsea sudah kebobolan banyak gol hingga saat ini. Agar hal itu tidak terjadi lagi saya akhirnya memutuskan untuk tidak memainkan Hazard sejak awal. Tim butuh kestabilan dan lebih solid,” kata Mourinho tentang alasan tidak memainkan Hazard sebagai starter.

“Saya suka permainan yang berkualitas. Tapi untuk apa bermain seperti itu jika tim tidak mampu bertahan dan mengontrol pertandingan?” ujar Mourinho.

Sepakbola.cc