Keunggulan Jadi Tuan Rumah Sudah Tak Ada Lagi

Untuk pertama kalinya dalam sejarah, persentase kemenangan tandang di Premier League bisa lebih tinggi daripada kandang: 36% vs 34%. Tidak heran jika Chelsea dan Liverpool terpuruk karena stadion-stadion mereka tidak lagi menakutkan.

Liga Inggris  - Keunggulan Jadi Tuan Rumah Sudah Tak Ada Lagi

Berita Liga Inggris : Untuk pertama kalinya dalam sejarah, persentase kemenangan tandang di Premier League bisa lebih tinggi daripada kandang: 36% vs 34%. Tidak heran jika Chelsea dan Liverpool terpuruk karena stadion-stadion mereka tidak lagi menakutkan.

Di masa lalu laga tandang sama dengan kekalahan bagi banyak tim. Pergi ke stadion lawan berarti bertahan sebisa mungkin dan berusaha pulang tanpa kekalahan. Draw saja sudah dianggap beruntung.

Tapi tampaknya hal itu tidak terjadi lagi, keuntungan menjadi tuan rumah sudah tidak ada lagi.

Sebanyak 36% dari laga Premier League dimenangkan oleh tim tamu, angka tertinggi dalam sejarah liga.

Kemenangan yang dicatatkan oleh tim tuan rumah dengan cepat turun dari 45% pada musim lalu menjadi hanya 34% kali ini.

Bandingkanlah itu dengan musim 2009/2010 di mana angka kemenangan tim tuan rumah adalah 51%, sementara tim tamu hanya bisa menang 24%.

Statistik ini menjelaskan mengapa Liga Utama Inggris terlihat begitu luar biasa musim ini.

West Ham telah mengalahkan Liverpool, Arsenal dan Manchester City saat tandang sementara Southampton mengklaim kemenangan 3-1 di Chelsea baru-baru.

West Brom, Aston Villa, Sunderland dan Newcastle semua sama sekali belum menang di kandang musim ini dan sejumlah pihak lainnya hanya bisa satu kali mengklaim tiga poin di kandang mereka sendiri.

Sementara delapan tim telah memenangkan setidaknya dua kali laga tandang dan hanya tiga tim Premier League yang belum menikmati poin penuh pada laga-laga tandang mereka musim ini.

Lihat sendiri statistiknya, seperti dilansir oleh Dailystar.co.uk

Liga Inggris  - Keunggulan Jadi Tuan Rumah Sudah Tak Ada Lagi