Kini Mourinho Mendekati Rekor Sir Alex Ferguson

  • Berita Liga Inggris: Dengan Chelsea memastikan juara Inggris kini Jose Mourinho sudah delapan kali menjuarai liga, mendekati prestasi Sir Alex Ferguson di Manchester United yang 12 kali. Bedanya Mou melakukannya di empat negara berbeda.

Liga Inggris  - Kini Mourinho Mendekati Rekor Sir Alex Ferguson
Berita Bola: Kini Mourinho Mendekati Rekor Sir Alex Ferguson

Berita Liga Inggris: Dengan Chelsea memastikan juara Inggris kini Jose Mourinho sudah delapan kali menjuarai liga, mendekati prestasi Sir Alex Ferguson di Manchester United yang 12 kali. Bedanya Mou melakukannya di empat negara berbeda.

Delapan gelar juara itu masing-masing adalah Porto (2003 dan 2004), Chelsea (2005, 2006, dan 2015), Inter Milan (2009, 2010), dan Real Madrid (2012).

Sundulan Eden Hazard sudah cukup untuk mencatatkan kemenangan atas Crystal Palace dan meraih gelar juara pertama klub dalam lima tahun dengan tiga pertandingan tersisa.

Tapi Mourinho tidak bisa menahan diri mengomentari orang-orang yang telah menyarankan timnya tidak layak mendapatkan gelar juara karena mereka terlalu membosankan.

“Saya pikir semua orang tahu bahwa kami layak mendapatkannya,” katanya. “Tapi beberapa tidak mengatakan itu. Mereka tahu.”

“Kami telah menunjukkan segala sesuatu karena tuntutan hari pertama. Semua aspek sepak bola dari tim, kami memilikinya.”

“Kami memiliki sepakbola menyerang yang fantastis, dominasi fantastis, persentase yang tinggi dari penguasaan bola, pembelaan yang luar biasa baik.”

“Kami melakukan segalanya yang tim perlu dilakukan. Itu sebabnya kami juara. Itulah mengapa kami layak mendapatkannya. Semua orang tahu itu.”

“Ada orang-orang berkulit badak yang mengatakan kami tidak layak mendapatkannya?”

“Di negara saya ada pepatah: ‘Anjing menggonggong dan kafilah berlalu’.”

Kemarin itu jelas bahwa kritik dari komentator TV seperti Jamie Redknapp, Ruud Gullit dan Jamie Carragher telah memerahkan telinga bos Chelsea.

Dia menambahkan: “Sangat mudah untuk menjadi komentator. Sebagai komentator, Anda menang di setiap pertandingan…”

“Anda tidak akan pernah kalah. Pekerjaan yang benar-benar fantastis. Mungkin dalam waktu 10 tahun, itu juga adalah pekerjaan saya.”

“Lalu saya memenangkan setiap pertandingan. Sekarang, sebagai seorang manajer, saya kadang-kadang kalah dan itu pekerjaan yang jauh lebih sulit. Apa yang pemain rasakan sekarang adalah fantastis.”

Liga Inggris  - Kini Mourinho Mendekati Rekor Sir Alex Ferguson
Berita Bola: Kini Mourinho Mendekati Rekor Sir Alex Ferguson

Trofi kemenangan Chelsea terasa lebih emosional bagi Mourinho karena ayahnya Jose Mourinho Felix tengah berada di rumah sakit setelah menjalani operasi kepala serius pekan lalu.

Bos The Blues mengatakan: “Ketika pertandingan selesai di Leicester saya segera naik pesawat pribadi untuk pergi ke Portugal dan saya ada di sana bersama dengan dia pada saat yang paling sulit, yaitu saat operasi.”

“Setelah itu, semuanya terkendali. Dia kuat, menjadi lebih baik dan lebih baik. Aku jauh lebih rileks.”

Mourinho, yang mengaku kegembiraan memenangi trofi hanya berlangsung selama lima menit, kemudian naik ke tribun penonton untuk memeluk keluarganya setelah peluit akhir berbunyi, dan kemudian berbagi pelukan dengan pemilik The Blues, Roman Abramovich.

Tapi ketika ditanya apakah ia bisa menikmatinya, ia berkata: “Hari ini bukan permainan yang harus dinikmati. Itu adalah pertandingan yang harus diselesaikan.”

“Menjadi juara sekarang. Bukan satu jam yang lalu, sebulan yang lalu, seminggu yang lalu. Sekarang! Selama musim kami memiliki beberapa momen penting yang bisa kami atasi dengan cara yang fantastis.”

“1 Januari ketika kami sama poin dengan Manchester City setelah kekalahan besar melawan Tottenham, dan bukannya menjadi titik balik, itu adalah kekalahan terakhir kami.”

“Sejak saat itu, tidak satu kekalahan pun. Tanpa Diego, Matic, Remy, Ramires tim selalu ada. Saya ulangi, saya pikir semua orang tahu bahwa kita layak mendapatkannya.”

Mourinho, yang timnya hanya kalah dua kali sepanjang musim, satu level dengan Bill Shankly, Arsene Wenger dan Stan Cullis setelah memenangi gelar liga Inggris ketiga.

Dia masih 10 gelar di belakang Sir Alex Ferguson tapi jika dihitung di empat negara berbeda maka ini adalah gelar liga kedelapannya dalam 12 tahun di empat negara yang berbeda.