Louis Van Gaal Mendadak Berubah Jadi Baik Hati

Dua hari lalu beredar rumor dua pemain senior Manchester United menghadap Louis Van Gaal, memprotes metode latihan dan filosofi permainan yang kaku. Kini manajer itu mengakui ia akan mengubah pendekatannya dan mengakui dirinya bukan diktator.

Liverpool tak takut berjumpa tim raksasa seperti Real Madrid, Juventus dan Bayern Munchen di babak 16 besar Liga Champions.

Berita Bola : Louis Van Gaal Mendadak Berubah Jadi Baik Hati

Pekan silam dua pemain senior Manchester United menghadap Louis Van Gaal, memprotes metode latihan dan filosofi permainan yang kaku. Kini manajer itu mengakui dirinya bukan diktator dan akan melakukan perbaikan sebagai berikut … 

Louis van Gaal mengakui id dipaksa untuk mengubah pendekatannya menyusul unjuk kekuatan pemain dari skuad Manchester United.

Van Gaal mengakui bahwa kapten Wayne Rooney dan gelandang veteran Michael Carrick telah datang kepadanya dengan kekhawatiran atas suasana kamar ganti yang “muram”.

Manajer Manchester United itu mengakui bahwa ia “kaget” dengan pendekatan dari dua pemain senior itu, tapi mengakui ia telah dipaksa untuk bertindak atas keprihatinan mereka.

“Rooney dan Carrick datang kepada saya dan mengatakan ruang ganti tengah muram,” ungkap Van Gaal. “Mereka mengatakan kepada saya itu demi membantu saya.”

“Saya berkomunikasi tidak hanya dengan kapten saya. Saya bukan diktator, saya seorang komunikator.”

“Saya kemudian pergi ke kamar ganti dan berdiskusi dengan para pemain saya dan kami membahas banyak aspek. Saya telah mengubah cara yang saya katakan rencana permainan untuk mereka. Sekarang, saya bertanya sebelum permainan dan mereka dapat mengatakan apa yang mereka inginkan.”

“Ini hal yang positif bahwa pemain datang ke saya. Tidak hanya Rooney dan Carrick, tapi pemain lain juga. Sekarang itu Rooney dan Carrick, dan itu mengkhawatirkan bagi saya, karena mereka adalah kapten. Itu sebabnya saya pergi ke kamar ganti.”

Berita Bola : Louis Van Gaal Mendadak Berubah Jadi Baik Hati

“Tapi semua pemain berkomunikasi dengan saya. Mereka datang ke kantor saya. Percayalah, seperti itu kejadiannya.”

Pemain United dilaporkan kecewa dengan taktik Van Gaal, yang mereka rasa membatasi kemampuan mereka untuk mengekspresikan diri secara bebas.

Tapi, pada hari ketika kiper David De Gea menandatangani kontrak baru berdurasi empat tahun lebih dari seminggu setelah ia gagal pindah ke Real Madrid, Van Gaal bersikeras bahwa ia fleksibel dan bersedia untuk mendengarkan kekhawatiran pemainnya perihal cara ia ingin mereka untuk berlatih, bermain dan menjalani kehidupan mereka.

“Mereka harus menjelaskan mengapa, dan bagaimana, dan kemudian saya akan mendengarkan,” kata pelatih asal Belanda. “Tidak hanya saya akan mendengarkan, juga asisten saya mendengarkan. Kemudian kita membahas itu dan kemudian saya harus mengubahnya.”

“Tapi, Anda harus datang dengan argumen yang kuat, jadi saya telah beradaptasi. Saya pergi ke kamar ganti dan saya berkomunikasi dan menganalisis situasi dengan mereka, dan setelah itu kami memenangkan pertandingan berikutnya.”

“Setelah itu, suasana jauh lebih baik – dan setelah itu kami menang lagi.”

Pada malam menjelang laga kandang Sabtu melawan saingan berat Liverpool, Van Gaal menyalahkan suasana “muram” kamar ganti ke pergantian pemain sejak ia datang ke klub di musim panas 2014, dengan lebih dari 20 pemain telah meninggalkan Old Trafford.

“Seluruh kamar ganti telah berubah,” katanya. “Dapatkah Anda bayangkan ketika teman Anda harus pergi? Apa perasaan Anda saat itu?”

“Saya hanya bisa bilang bahwa saya memiliki hubungan yang sangat baik dengan pemain saya, tetapi adalah logis sekarang bahwa hanya sembilan yang tersisa dari kelompok awal. Yang lain yang telah saya beli tidak akan mengatakan saya seorang manajer yang buruk.”

“Para fans berteriak setiap minggu ‘tentara Louis van Gaal!’ sehingga mereka sangat puas dan para pemain puas. Tapi sangat positif bahwa pemain datang kepada Anda dan bahwa mereka mempercayai Anda.”

Van Gaal menambahkan: “Saya telah membaca soal adanya banyak rapat ini, rapat itu. Ya, itulah filosofi di mana Anda harus membuat analisis lawan, maka Anda perlu rapat untuk menunjukkan hasil analisis…”

“Kemudian Anda harus membuat game plan atau rencana permainan, maka Anda harus mengadakan rapat tentang game plan.”

“Kemudian Anda harus berlatih. Kemudian kami harus berdiskusi dengan para pemain, di lapangan, bagaimana perasaan mereka. Dan mungkin kami harus berubah. Ketika mereka memiliki argumen yang baik, kami berubah.”

“Dan kemudian kami memainkan pertandingan. Dan kemudian kami harus melihat bagaimana mereka bermain. Dan kemudian saya harus mengatakan sesuatu di babak pertama dan kemudian saya bisa berubah, maka kami memiliki rapat evaluasi.”

“Jadi, ketika Anda memiliki perilaku profesional, Anda tahu, ada banyak rapat ini, rapat itu. Tapi itu masih lebih baik daripada setiap pekerjaan lain karena, sebagai pemain, Anda dapat mengerjakan itu sebagai hobi Anda.”

 

Sepakbola.cc