Mourinho Kena Sanksi dari FA

  • Manajer Chelsea, Jose Mourinho, kembali berurusan dengan Asosiasi Sepak Bola Inggris (FA). Kali ini dia dijatuhi denda oleh FA gara-gara ucapannya yang dinilai melecehkan wibawa ofisial pertandingan.

Liga Inggris  - Mourinho Kena Sanksi dari FA
Jose Mourinho

Manajer Chelsea, Jose Mourinho, kembali berurusan dengan Asosiasi Sepak Bola Inggris (FA). Kali ini dia dijatuhi denda oleh FA gara-gara ucapannya yang dinilai melecehkan wibawa ofisial pertandingan.

Persoalan itu terjadi ketika Chelsea dipermalukan oleh Southampton dengan skor 1-3 dalam lanjutan Liga Primer Inggris, Sabtu (3/10/2015). Dalam jumpa pers seusai pertandingan, Mourinho mengeritik kepemimpinan wasit Robert Madley yang dinilainya tidak adil karena tidak memberikan hadiah penalti kepada Chelsea.

Penalti yang dituntut Mourinho itu adalah terkait insiden pelanggaran terhadap Radamel Falcao. Dalam sebuah momen di babak kedua, Radamel Falcao dijatuhkan oleh kiper Southampton, Maarten Stekelenburg, di kotak terlarang. Mourinho menilai seharusnya Chelsea mendapatkan hadiah penalti karena hal tersebut.

Namun wasit justru menganggap Falcao berpura-pura menjatuhkan diri. Sehingga Madley langsung mengganjar penyerang asal Kolombia tersebut dengan kartu kuning pada menit ke-57. Mourinho pun meradang dengan menuding wasit takut untuk memberikan timnya hadiah penalti.

“Jelas wasit takut memberi penalti kepada Chelsea. Saat pertandingan masih imbang 1-1 dan ada klaim penalti yang pasti. Jika FA mau menghukum saya, silakan. Itu bukan masalah,” ujarnya seperti dikutip Sky Sports News.

Pernyataan juru latih asal Portugal tersebut membuatnya didakwa oleh FA. Melalui situs resminya, FA mengumumkan pernyataannya dan akan memberikan waktu hingga Kamis (8/10) sore waktu London, Inggris, kepada Mourinho untuk memberikan respon atas dakwaan yang ada.

“Jose Mourinho telah dikenai denda terkait komentar yang diucapkannya kepada media, seusai pertandingan antara Chelsea dan Southampton pada Sabtu, 3 Oktober 2015,” demikian pernyataan resmi FA, Senin (5/10/2015).

“Diduga pernyataannya merupakan perilaku yang tidak benar, bahwa ia menuduh dan/atau menyiratkan bias terhadap ofisial pertandingan dan/atau membawa pertandingan ke sebuah kehinaan,” lanjut pernyataan itu.

Kekalahan dari Southapmton membuat Chelsea masih terpuruk di papan bawah klasemen sementara Liga Primer Inggris musim ini dengan tertahan di urutan ke-16 dengan nilai delapan hasil dari delapan pertandingan.