Mourinho Permalukan Diri Terkait Hazard dan Ronaldo

Beberapa waktu lalu, Jose Mourinho sempat begitu membangga-banggakan Eden Hazard. Sampai-sampai dia mengatakan kualitas Hazard sudah selevel dengan Lionel Messi, dan berada di atas Cristiano Ronaldo. Bagaimana sekarang?

Liga Inggris  - Mourinho Permalukan Diri Terkait Hazard dan Ronaldo
Eden Hazard

Beberapa waktu lalu, Jose Mourinho sempat begitu membangga-banggakan Eden Hazard. Sampai-sampai dia mengatakan kualitas Hazard sudah selevel dengan Lionel Messi, dan berada di atas Cristiano Ronaldo. Bagaimana sekarang?

Rupanya Mourinho adalah tipikal manusia yang pandai bersilat lidah. Tukang gombal, layaknya orang-orang politik yang gemar “asbun” alias asal bunyi, dan tidak tahu malu. Ketika penampilan Hazard terpuruk-puruk di musim ini, dia pun mulai mencela bintang muda asal Belgia tersebut. Bukan cuma mencela, Mourinho bahkan kini menghukum Hazard tak lagi jadi starter di beberapa laga terakhir.

Ketika wartawan kembali mengungkit pernyataannya tentang perbandingan Hazard dan Ronaldo, tanpa malu-malu pelatih asal Portugal tersebut membantah kalau dirinya pernah mengatakan Hazard lebih baik dari Ronaldo.

“Saya tidak pernah mengatakan, Hazard lebih baik dari Ronaldo. Musim lalu, Hazard memang memenangi salah satu gelar paling penting dalam sepak bola, yaitu Premier League. Dia tentu saja menjadi sosok menentukan untuk Chelsea dan menjalani musim fenomenal,” ucap Mourinho.

Sepanjang musim lalu, Hazard memang tampil cemerlang dan menjadi sosok kunci yang menentukan sukses Chelsea meraih dua gelar, Liga Primer dan Piala Liga. Atas prestasinya itu, Hazard menerima penghargaan Player of the Year dan Footballer of the Year. Karena penampilan impresf Hazard itulah bahkan Mourinho ketika itu pun sempat mengatakan, kalau nilai jual Hazard lebih mahal daripada Ronaldo dan Gareth Bale.

Tapi kini, Hazard tak lagi kelihatan tajinya. Dia benar-benar tenggelam bersamaan dengan ambruknya Chelsea. Mourinho pun mulai menyalah-nyalahkan si pemain. Hazard dinilai Mourinho cuma bisa bermain cantik, tapi tak bisa diandalkan untuk membantu pertahanan, saat tim ditekan lawan. Karena alasan itulah Mourinho mencoret Hazard dari posisi starter, termasuk ketika Chelsea mengalahkan Aston Villa 2-0 pekan lalu.

“Saya tidak memainkan Hazard sebagai starter, itu adalah taktik. Chelsea sudah kebobolan banyak gol hingga saat ini. Agar hal itu tidak terjadi lagi saya akhirnya memutuskan untuk tidak memainkan Hazard sejak awal. Tim butuh kestabilan dan lebih solid,” kata Mourinho tentang alasan tidak memainkan Hazard sebagai starter.

“Saya suka permainan yang berkualitas. Tapi untuk apa bermain seperti itu jika tim tidak mampu bertahan dan mengontrol pertandingan?” ujar Mourinho seperti menyindir permainan cantik Hazard.