Penonton Jadi Wasit di Premier League!

Kejadian menarik terjadi di laga antara Doncaster Rovers versus Cambridge United yang meminta salah satu penonton untuk menjadi wasit. Laga Sky Bet League Two, atau divisi 4 Liga Inggris antara Doncaster Rovers kontra Cambridge United, Selasa (16/8) kemarin, sempat terjadi insiden yang menggelikan, yaitu diwasiti oleh penonton. Kejadiannya terjadi beberapa menit setelah memasuki babak kedua, […]

Kejadian menarik terjadi di laga antara Doncaster Rovers versus Cambridge United yang meminta salah satu penonton untuk menjadi wasit.

Laga Sky Bet League Two, atau divisi 4 Liga Inggris antara Doncaster Rovers kontra Cambridge United, Selasa (16/8) kemarin, sempat terjadi insiden yang menggelikan, yaitu diwasiti oleh penonton.

Kejadiannya terjadi beberapa menit setelah memasuki babak kedua, kala Helen Bryne mengaku sakit dan harus dipapah keluar lapangan untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut.

Helen Bryne sendiri merupakan hakim garis di laga tersebut dan sialnya panitia pelaksana pertandingan tidak menyediakan wasit cadangan.

Karena Bryne tidak bisa melanjutkan laga, maka para pemain kedua kesebelasan, staf dan beberap orang lainnya berkumpul di teknikal area untuk membahas masalah ini.

Setelah terjadi diskusi yang memakan waktu 10 menit, akhirnya diputuskan untuk memberikan pengumuman di pengeras suara kepada para penonton.

Pengumuman tersebut bukan untuk memberi tahu jika laga dihentikan, namun bertanya kepada penonton siapa yang mau menjadi wasit keempat.

Dari total 4.768 penonton yang hadir, majulah seseorang yang tidak dikenali namanya menjadi wasit.

Sialnya, tidak lama setelah perubahan tersebut, Doncaster selaku tuan rumah bisa mencetak satu-satunya gol di menit 74.

Sontak, insiden ini menimbulkan kecaman dari pihak United, sebutan umum kepada Cambridge, yang menganggap kejadian seperti itu tidak seharusnya terjadi.

“Anda akan selalu tahu jika sesuatu terjadi maka akan mempengaruhi dan, sayangnya bagi kami, kami kehilangan momen kunci karenanya,” ujar Shaun Derry, manajer United.

“Kejadian itu berlangsung 10, 11 atau 12 menit? Saya tidak bisa memahami kenapa membutuhkan waktu 10, 11 atau 12 menit untuk mempersiapkan wasit untuk sesuatu yang seharusnya sudah direncanakan dengan baik,” kecamnya.

Akan tetapi kejadian ini tidak seberapa unik dibandingkan pertemuan antara Altrincham FC kontra AFC Fylde, dimana laga harus dihentikan setelah wasit kehilangan peluit dan meminta para pemain untuk membantu mencarikannya.