Roy Keane Cari Musuh Terhadap Suporter Manchester United

  • Mantan anak nakal Manchester United Roy Keane –yang di masa mudanya jadi tukang tekel lawan– justru membela Hector Moreno untuk tantangannya yang menghancurkan kaki Luke Shaw di dua lokasi, menyebutnya sebagai “tekel brilian!”

Liga Inggris  - Roy Keane Cari Musuh Terhadap Suporter Manchester United

Berita Liga Inggris : Legenda Manchester United Roy Keane, yang di masa mudanya dulu jadi tukang tekel pemain lawan, melontarkan satu komentar yang kurang tepat dan kurang sensitif atas cedera patah kaki kanan di dua lokasi yang tengah diderita Luke Shaw, bek Setan Merah. 

Mantan anak nakal Manchester United Roy Keane justru membela Hector Moreno untuk tantangannya yang menghancurkan kaki Luke Shaw, menyebutnya sebagai “tekel brilian!”

Bek tim nasional Inggris Luke Shaw menderita patah tulang kaki di dua tempat pada laga kekalahan timnya di ajang Liga Champions terhadap PSV Eindhoven pada Rabu dinihari WIB.

Roy Keane sendiri ketika muda pernah mengakhiri pintu rezeki seorang pemain Manchester City bernama Alfe-Inge Haaland pada derby sekota Manchester pada tahun 2001.

Shaw akan absen sekitar enam bulan akibat tindakan itu setelah menjalani operasi di Belanda untuk cederanya.

Dia diperkirakan akan terbang kembali ke Inggris tak lama lagi, di mana ia akan melanjutkan pemulihan di rumah dan bersama staf rehabilitasi United.

Pelatih Republik Irlandia tersebut mengatakan bahwa apa yang terjadi terhadap Shaw hanyalah kecelakaan biasa.

Dia mengatakan kepada ITV: “Saya pikir itu sebuah tantangan brilian. Saya suka sisi fisik dari permainan sepak bola. Anda selalu bisa tahu reaksi para pemain – mereka adalah hakim terbaik karena mereka dekat mengatasinya. Mereka tidak berpikir itu… adalah tantangan yang buruk pada saat itu.”

“Ketika pemain berlari dengan kecepatan tinggi maka kemudian (cedera) selalu akan terjadi. Saya terkejut cederanya tidak lebih parah. Itu sebuah kecelakaan dengan kaki yang mengikutinya (bukan kaki yang mentekel bola).”

Liga Inggris  - Roy Keane Cari Musuh Terhadap Suporter Manchester United

Sementara itu, wasit Piala Dunia 2010 Howard Webb juga membela Moreno – dan mendukung wasit Italia Nicola Rizzoli untuk tidak mengambil tindakan terhadap sang pemain Meksiko tersebut.

Rizzoli, yang juga menjadi wasit di final Piala Dunia di Brasil tahun lalu, tidak memberi peringatan atau pun mengusir keluar Moreno untuk tindakannya.

Dan Webb setuju bahwa tidak ada niat jahat dalam tekel itu – Shaw hanya kurang beruntung saja dengan penempatan kakinya.

“Cedera Luke Shaw mengerikan dan saya berharap dia cepat sembuh,” katanya saat bekerja sebagai komentator di BT Sport.

“Tapi wasit membuat keputusan yang tepat. Moreno membentang dengan kaki kanannya, yang memainkan bola bersih.”

“Kaki kirinya membuat beberapa kontak setelahnya, tetapi selalu terselip di bawah dia dan tidak ditujukan terhadap Luke Shaw.”

“Luke kurang beruntung bahwa ia paku-paku sepatunya tersangkut dan berputar yang menyebabkan cederanya, tetapi pada malam itu saya pikir wasit membuat keputusan yang tepat.”

Sementara itu, Louis van Gaal dan Manchester United marah luar biasa setelah Moreno oleh UEFA dianugerahi penghargaan pemain terbaik pada laga tersebut.

Manchester United merasa bahwa keputusan itu, yang dibuat oleh sebuah panel teknis UEFA di laga tersebut, tidak sensitif mengingat peran bek internasional Meksiko itu terhadap cedera mengerikan yang diderita Shaw.

Liga Inggris  - Roy Keane Cari Musuh Terhadap Suporter Manchester United

Sebuah sumber di klub raksasa Old Trafford mengatakan: “Kami merasa itu aneh dan mengecewakan bahwa UEFA membuatnya menjadi pemain terbaik dari pertandingan itu setelah apa yang terjadi pada Luke.”

Shaw menjalani operasi di sebuah rumah sakit Eindhoven pada hari Rabu dan akan tetap ada di sana selama setidaknya 24 jam ke depan sementara kondisinya dipantau.