Siapa Bisa Lebih Kaya Dari Pemilik Manchester City?

  • Sheikh Mansour memamerkan kekuatan otot finansialnya dengan menghabiskan lebih dari Rp 15 Trilyun untuk transfer pemain dalam tujuh tahun terakhir setelah ia mengambil alih Manchester City dari tangan pengusaha Thailand, Thaksin Shinawatra.

Liga Inggris  - Siapa Bisa Lebih Kaya Dari Pemilik Manchester City?

Berita Liga Inggris: Sheikh Mansour memamerkan kekuatan otot finansialnya dengan menghabiskan lebih dari Rp 15 Trilyun untuk transfer pemain dalam tujuh tahun terakhir setelah ia mengambil alih Manchester City dari tangan pengusaha Thailand, Thaksin Shinawatra.

Transfer Raheem Sterling yang baru saja terjadi ke Manchester City dari Liverpool adalah sebuah pernyataan besar dari klub itu.

Biaya transfer sebesar Rp 1,02 Trilyun untuk Raheem Sterling itu telah dikritik oleh banyak pihak sebagai angka yang terlalu mahal, bahkan dalam dunia keuangan sepakbola sekalipun.

Ini adalah duit terbesar yang pernah dibayarkan oleh Manchester City untuk pemain bola sejak klub itu dibeli oleh Sheik Mansour pada bulan September 2008 dan secara keseluruhan mereka telah menghabiskan uang sebesar Rp 15 Trilyun untuk kebutuhan transfer pemain.

Sebagai perbandingan, jumlah uang yang dikeluarkan pemerintah Indonesia untuk subsidi listrik di tahun 2015 saja mencapai Rp 66 Trilyun. Jadi ini kurang lebih seperempat dari kebutuhan subsidi listrik di seluruh wilayah Indonesia untuk masa satu tahun saja.

Pada kenyataannya, angka Rp 1,02 Trilyun itu menjadi angka yang sangat besar yang akan menarik Liverpool untuk menjual pemain terbaik mereka untuk rival Liga Premier, terlepas dari berapa banyak Sterling memprovokasi kepindahan.

The Reds juga bernegosiasi dengan kesadaran bahwa sebanyak 20 persen dari berapa pun biaya transfer akan diteruskan ke Queens Park Rangers. Satu pasal perjanjian menyebutkan penjualan kembali Sterling ke klub Inggris akan menyebabkan Liverpool harus membayarkan 20%, setara Rp 200 Milyar.

Pada usia 20 tahun, Sterling adalah pemain dianggap sesuai untuk Manchester City. Dengan 129 penampilan untuk Liverpool dan 16 caps di tim nasional Inggris, ia dapat memberikan kontribusi langsung pada tim Etihad tersebut.

Dia adalah transfer ke-46 di City sejak Mansour mengambil alih dari pengusaha Thailand Thaksin Shinawatra dan menuangkan trilyunan rupiah ke dalam klub.

Manchester City rata-rata membayar Rp 327 Milyar untuk mendatang satu pemain dalam tujuh tahun periode Sheikh Mansour menjadi pemilik.

Nama lengkapnya adalah Mansour bin Zayed bin Sultan bin Zayed bin Khalifa Al Nahyan.