Liverpool Tim Paling Boros Keluarkan Uang untuk Agen

Klub Premier League memecahkan rekor pembayaran pada agen sepak bola pada 12 tahun belakangan, yaitu total sebesar 129,9 juta Poundsterling.

Klub Liga Inggris memecahkan rekor pembayaran pada agen sepak bola pada 12 tahun belakangan, yaitu total sebesar 129,9 juta Poundsterling.

Berita Bola – Angka ini diumumkan oleh FA, ada peningkatan pembayaran pada agen sekitar 13 persen dari tahun-ke-tahun. Liverpool berada pada urutant pertama (14,3 juta Poundsterling) dari 20 tim utama Inggris. Manchester United menempati posisi kedua dengan pembayaran sekitar 13,9 juta Poundsterling dan selanjutnya diikuti Manchester City dengan 12, 4 juta Poundsterling.

Tetapi, lonjakan yang paling besar ada pada Arsenal. Biaya untuk membayar agen Arsenal naik dari 4,3 juta Poundsterling jadi 11,9 juta Poundsterling tahun ini.

Uang yang digelontorkan Manchester United naik 5,9 juta Poundsterling selama periode Louis van Gaal untuk membeli pesepakbola seperti Anthony Martial dan Memphis Depay. Sementara Liverpool yang ada pada posisi teratas daftar ini diperkirakan banyak mengeluarkan uang dana untuk agen disebabkan kegagalannya mendapat pemain pengganti yang diperankan Luis Suarez.

Yang mengalami penurunan signifikan ialah Chelsea dan Tottenham Hotspurs, Chelsea turun dari 16,8 juta Poundsterling ke 11 juta Poundsterling sedangkan Tottenham Spurs turun dari 12 juta Poundsterling ke 6 juta Poundsterling.

Pendapatan agen secara keseluruhan tidak akan menurun, terlebih untuk Arsenal, tetapi secara keseluruhan memperlihatkan potongan yang dilakukan agen untuk transfer tak lagi tidak terkendali. Diantara yang berpengaruh besar pada catatan ini adalah Financial Fair Play yang diterapkan UEFA membikin tim tak asal-asalan melakukan transfer meski miliki dana melimpah.

Sepakbola.cc