Ternyata Oh Ternyata, Rekrutmen Liverpool Hasil Kerja Klopp

  • Jurgen Klopp ternyata sudah bekerja bagi Liverpool sejak musim panas kemarin. Terbukti dari sejumlah pemain yang masuk ke Anfield merupakan pemain favorit ex manajer Borussia Dortmund. Lihat saja daftarnya ….

Liga Inggris  - Ternyata Oh Ternyata, Rekrutmen Liverpool Hasil Kerja Klopp

Berita Liga Inggris : Jurgen Klopp ternyata sudah bekerja bagi Liverpool sejak musim panas kemarin. Terbukti dari sejumlah pemain yang masuk ke Anfield merupakan pemain favorit ex manajer Borussia Dortmund. Lihat saja daftarnya ….

Pelatih Jerman Klopp telah meyakinkan pemilik klub bahwa tidak akan ada kebutuhan untuk transfer lebih lanjut setelah melihat 18 pemain baru tiba dalam waktu 12 bulan.

Sebaliknya, ia yakin ia bisa mengarahkan Reds meraih empat kesuksesan sekaligus dengan sedikit penambahan saja di jendela transfer Januari.

Para pemilik Liverpool yang terdiri dari John Henry, Tom Werner dan Mike Gordon menghentikan manajer sebelumnya, Brendan Rodgers, hari Minggu, sebagian alasannya karena mereka merasa tidak lagi mendapatkan yang terbaik dari skuad muda mereka yang menjanjikan, dan tidak suka pada kebijakan merekrut pemain-pemain siap pakai yang mahal.

Kebijakan Rodgers itu melawan filosofi klub, yang menaruh banyak uang pada pengembangan kelompok inti bakat-bakat muda, yang telah menunjukkan janjinya dengan kemenangan atas Manchester City musim lalu, meskipun hanya berusia rata-rata 23 tahun.

Klopp telah mempelajari kinerja Liverpool secara detail, dan ia percaya sudah cukup banyak kekuatan dalam skuad saat ini – dan banyak kualitas di antara pemain mudanya – untuk percaya bahwa ia dapat membawa Liverpool ke urutan empat besar musim INI.

Pelatih Jerman karismatik melakukan hal serupa di Borussia Dortmund ketika ia memegang kendali pada tahun 2008, dengan cepat mengusir keluar sekelompok pemain veteran yang telah bermain mata dengan ancaman degradasi musim sebelumnya dan mempromosikan anak-anak muda yang mengubahnya menjadi pemenang gelar.

Menariknya, Klopp adalah penggemar berat dari Roberto Firmino, yang menjadi penandatanganan terbesar kedua dalam sejarah Anfield pada musim panas lalu, setelah bergabung dari Hoffenheim senilai Rp 610 Milyar, dan bahkan ada spekulasi bahwa ia mungkin telah merekomendasikan gelandang serang itu untuk klub ini.

Baru bulan April lalu ia memberi komentar soal betapa berbahayanya pemain asal Brasil ini, memberi sinyal bahwa ia bisa menjadi pemain dengan masa depan cerah jika Klopp jadi bergabung ke Liverpool.

Klopp juga penggemar Christian Benteke, setelah mempertimbangkan dia sebagai calon pengganti ketika Robert Lewandowski meninggalkan Dortmund untuk bergabung dengan Bayern Munich pada tahun 2013.

Pemenang Bundesliga Klopp mengatakan kepada pemilik Liverpool ia merasa ia bisa membentuk skuad menjadi sebuah unit yang efektif, dan gembira dengan ketajaman Benteke, Daniel Sturridge, Danny Ings dan Divock Origi yang didukung oleh orang-orang seperti Firmino, Coutinho, Lallana dan Henderson.

Di mana ia harus melakukan perbaikan dengan cepat adalah di lini pertahanan.

Klopp terkenal pintar menciptakan pertahanan hebat di Dortmund, tapi dia bisa memanggil pemenang Piala Dunia Mats Hummels dan pemain Serbia Neven Subotic.

Pelatih asal Jerman itu juga telah meyakinkan bos barunya bahwa ia senang dengan sistem di Anfield, dan tidak memiliki masalah dengan bekerja bersama komite transfer yang telah menghasilkan begitu banyak kesalahpahaman selama Rodgers berkuasa.

Ia hanya minta dirinya memiliki hak veto terakhir atas setiap satu pemain baru yang akan dibawa masuk ke klub.