Trofi Pertama Butuh 4 Tahun, Kata Klopp

23

Manajer baru Liverpool FC Juergen Klopp menjanjikan trofi pertama Premier League akan datang “kurang dari empat tahun”. Kelamaan gak? Kalau terlalu lama mungkin butuh Jose Mourinho yang begitu datang langsung bawa dua trofi sekaligus di Stamford Bridge.

Liga Inggris  - Trofi Pertama Butuh 4 Tahun, Kata Klopp

Berita Bola : Manajer baru Liverpool FC Juergen Klopp menjanjikan trofi pertama Premier League akan datang “kurang dari empat tahun”. Kelamaan gak? Kalau terlalu lama mungkin butuh Jose Mourinho yang begitu datang langsung bawa dua trofi sekaligus di Stamford Bridge.

Juergen Klopp mendukung Liverpool untuk bisa kembali memenangkan gelar Premier League dalam empat tahun ke depan tetapi tidak berkeinginan untuk menjadi “legenda” klub.

Juara 18 kali Liga Inggris itu telah gagal finish pertama di divisi teratas sejak tahun 1990, dengan Brendan Rodgers datang paling dekat untuk mengakhiri bahwa dahaga itu dengan finish di tempat kedua pada musim 2013-14.

Meskipun ambisinya meraih trofi sesegera mungkin tidak jelas, Klopp percaya kemenangan gelar sebelum 2019 adalah sangat mungkin – meskipun ia telah memohon kesabaran para suporter saat ia mencoba untuk membangun sebuah skuad yang menjadi penantang gelar.

“Saya bangun pagi ini dan saya adalah manajer Liverpool FC. Tapi saya tidak peduli tentang hal-hal seperti itu, hal-hal seperti pers. Saya seorang manajer yang normal dan saya ingin bekerja dengan para pemain di lapangan,” katanya.

“Tidak begitu penting apa yang orang pikirkan ketika Anda datang – ini tentang apa yang Anda pikirkan ketika Anda pergi. Tolong beri kami waktu. Jika kita begitu menginginkannya maka ini bisa menjadi hari yang benar-benar istimewa, jika kita semua sabar…”

“Ini adalah liga yang sangat sulit, dengan lawan yang hebat, mungkin bahkan sangat hebat. Kami bisa sukses dengan cara Liverpool yang istimewa tapi kita harus menunggu.”

“Saya tidak ingin mengatakan kita harus menunggu 20 tahun. Dalam empat tahun saya yakin kami akan menang satu trofi, saya cukup yakin. Jika gagal, mungkin saya pindah ke berikutnya, mungkin Swiss .”

Klopp menikmati kesuksesan yang hebat dengan Borussia Dortmund, memenangkan dua gelar Bundesliga pada tahun 2011 dan 2012, namun pelatih berusia 48 tahun itu agak hati-hati dalam membandingkan kedua klub itu.

“Sulit untuk membandingkan dua klub,” lanjutnya. “Ini mirip, tapi tidak ada yang memuaskan. Tapi kami tidak memiliki pra-musim, sementara di sini kita berada di tengah-tengah musim. Hampir. Tapi itu tidak penting.”

“Di Dortmund kami melakukan apa yang harus kami lakukan. Saya percaya pada potensi tim ini. Semua ada di sana.”

“Masalahnya adalah Anda bisa sebaik yang Anda inginkan, tetapi Anda tidak bisa menentukan lawan Anda. Anda harus membawa mereka satu level untuk kemudian membunuh mereka.”

Meskipun reputasinya meroket ke mana-mana setelah periode sukses bersama Dortmund, Klopp mengecilkan gagasan bahwa ia bisa menjadi “legenda” di klub Liverpool, sama seperti Kenny Dalglish atau Bill Shankly.

“Sungguh keren bahwa Anda semua melihat jauh ke depan untuk pekerjaan selama beberapa bulan dan tahun ke depan, tapi saya tidak berpikir tentang hal ini,” tambahnya.

“Tidak ada satu manajer besar pun mengatakan pada konferensi pers pertamanya ‘Target saya adalah untuk menjadi legenda’. Kami harus bekerja di masa sekarang.”