Van Gaal Sebut Manchester United Layak Dibantai Arsenal

  • Manajer Manchester United, Louis van Gaal, mengaku sangat kecewa dengan kekalahan telak timnya 0-3 dari Arsenal, Minggu (4/10/2015). Namun dia mengatakan Setan Merah layak kalah telak karena performanya sangat buruk.

Liga Inggris  - Van Gaal Sebut Manchester United Layak Dibantai Arsenal
Louis Van Gaal

Manajer Manchester United, Louis van Gaal, mengaku sangat kecewa dengan kekalahan telak timnya 0-3 dari Arsenal, Minggu (4/10/2015). Namun dia mengatakan Setan Merah layak kalah telak karena performanya sangat buruk.

Dalam jumpa pers seusai pertandingan di Emirates Stadium, Van Gaal mengungkapkan bahwa pernainan timnya jauh di bawah yang diharapkan. Para pemain kehilangan agresivitas, tak punya semangat untuk menang, dan selalu kalah dalam duel dengan pemain Arsenal.

Sebaliknya penampilan Arsenal membuat Van Gaal benar-benar terkejut. Theo Walcott dan kawan-kawan bermain kesetanan sejak menit awal dan tak pernah memberikan sedikit pun ruang bagi pemain Manchester United untuk mengembangkan permainan.

Jika Manchester United akhirnya kalah lewat gol-gol cepat Arsenal di 20 awal babak pertama,Van Gaal mengatakan timnya memang layak mendapatkan kekalahan seperti itu.

“Ini adalah awal pertandingan yang sangat buruk, tanpa agresi, dan keinginan untuk menang. Untuk pertama kalinya saya melihat hal ini ada di tim saya,” kata Van Gaal kepada Sky Sports.

“Ketika memulai pertandingan seperti itu, Anda tidak akan pernah bisa memenanginya. Kami juga selalu kalah dalam setiap duel, tidak menempel ketat gelandang lawan. Arsenal adalah tim yang fantastis ketika membiarkan mereka bermain dan memberi ruang,” lanjut manajer asal Belanda ini.

“Ini adalah performa terburuk United di bawah kepemimpinan saya dan kami tidak mampu memberikan kinerja yang seperti biasanya,” tambahnya.

Van Gaal menampik anggapan kalau timnya kelelahan usai tampil di Liga Champions melawan Wolfsburg di Old Trafford Kamis (4/10/2015). Menurut dia hal itu tak bisa dijadikan alasan karena para pemainnya sudah diberi waktu istirahat yang cukup sebelum laga melawan Arsenal.

“Itu bukan alasan karena kami telah memberikan waktu istirahat yang cukup. Kami juga melakukan latihan Sabtu (3/10) dengan normal, dan semuanya berjalan seperti biasanya,” kata Van Gaal.

Dalam pertandingan di Emirates Stadium semalam, Arsenal langsung mengamuk dan memporakporandakan pertahanan MU sejak menit pertama. Tiga gol terjadi di 20 menit pertama melalui Alexis Sanchez (6, 20) dan Mesut Ozil (7).

Memasuki babak kedua, Van Gaal langsung melakukan pergantian dengan memasukkan Marouane Fellaini dan Antonio Valencia untuk menggantikan Memphis Depay dan Matteo Darmian. Masuknya kedua pemain ini membuat permainan MU meningkat dan mampu mendominasi laga di babak kedua. Sayangnya mereka tak mampu mencetak gol karena pertahanan Arsenal begitu kokoh.