FA Resmi Umumkan Aturan Baru!

  • Berita Bola – Baru baru ini, Asosiasi Sepakbola Inggris (FA) mengeluarkan sejumlah aturan baru yang akan langsung diterapkan pada panggung Liga Inggris musim 2016/2017 mendatang. Menurut laporan The Sun, FA secara resmi telah merombak 95 aturan lama. Kendati demikian, banyak diantaranya hanya aturan minor yang mungkin tidak akan terasa bagi kita para penonton. Dari 95 […]

Berita Bola – Baru baru ini, Asosiasi Sepakbola Inggris (FA) mengeluarkan sejumlah aturan baru yang akan langsung diterapkan pada panggung Liga Inggris musim 2016/2017 mendatang.

Menurut laporan The Sun, FA secara resmi telah merombak 95 aturan lama. Kendati demikian, banyak diantaranya hanya aturan minor yang mungkin tidak akan terasa bagi kita para penonton. Dari 95 aturan baru itu, setidaknya ada 7 aturan utama yang mungkin perlu Anda tahu, karena bisa jadi aturan ini bukan tidak mungkin benar-benar akan mengubah jalannya pertandingan. Inilah dia:

1. Kartu Merah Bisa Diberikan Diluar Waktu Normal Pertandingan

Maksud dari aturan ini adalah untuk mencegah adanya pelanggaran sesudah atau sebelum pertandingan dimulai. Contoh kasus, misalkan saja Diego Costa bertengkar hebat dengan Chris Smalling di lorong pemain, jika terbukti bersalah, salah satu atau bahkan keduanya bisa dijatuhi kartu merah bahkan sebelum sempat memainkan pertandingan. Jadi pemain harus benar-benar menjaga sikapnya.

2. Pemain Cedera

Biasanya, pemain yang cedera akan dipersilakan untuk ditandu keluar lapangan. Dalam aturan baru, pemain yang cedera tidak diharuskan keluar lapangan dan itu artinya pertandingan dihentikan untuk sementara. Konon aturan ini dibuat karena tim yang pemainnya cedera, merasa dirugikan karena mereka harus meneruskan pertandingan dengan jumlah pemain yang lebih sedikit.

3. Kick-Off

Apakah Anda ingat sesuatu yang mengganjal dari pemandangan selama Euro 2016 lalu? Itu adalah kick-off yang dilakukan oleh satu orang pemain dari biasanya 2 pemain. Secara ringkas, selama bola mulai digulirkan, itu artinya kick-off telah dilakukan, tak peduli dilakukan oleh 1 orang, 2 orang atau bahkan lebih.

4. Tendangan Penalti

Pemain yang melakukan feint atau gerakan tipuan saat menendang bola, akan menerima kartu kuning dan hadiah penaltinya hangus. Gerakan tipuan yang dimaksud adalah sesaat ketika hendak menendang bola. Namun jika gerakan tipuan itu dilakukan saat berlari menghampiri bola, seperti berhenti sejenak misalnya, masih diperbolehkan.

5. Pelanggaran Di Area Kotak Terlarang

Dulu, tidak jarang kita jumpai, ketika seorang pemain bertahan melakukan pelanggaran di area kotak terlarang yang membuahkan hadiah penalti untuk lawan, sang pemain bertahan, jika pelanggaran dianggap cukup keras, maka akan langsung terkena kartu merah. Sekarang aturan ini agak diperlunak agar tim yang terkena hukuman penalti tidak mengalami kerugian berlipat, kena penalti dan seorang pemainnya diusir keluar.

Dalam aturan baru, wasit diwajibkan sebisa mungkin menghindari mengeluarkan kartu merah jika sudah memberikan hadiah penalti. Kecuali tentu saja jika pelanggaran yang terjadi terbukti sangat disengaja atau memang sudah sangat keterlaluan, kartu merah masih dapat diberikan plus hadiah penalti untuk lawan, yang kemungkinan besar akan sangat jarang kita temui nantinya.

6. Protes

Aturan ini dibuat terkhusus untuk lebih melindungi peran wasit di atas lapangan. Sering kita lihat pemain yang mengamuk karena tidak terima dengan keputusan wasit. Dalam aturan baru, wasit diperbolehkan dengan mudah melayangkan kartu kuning, bahkan merah, jika ada pemain yang melakukan protes berlebihan.

7. Kendali untuk Para Manajer

Aksi para manajer di pinggir lapangan terkadang memang menjadi hiburan tersendiri bagi kita para penonton. Yang reaktif seperti Paulo Di Canio atau Juergen Klopp, pun yang boring seperti Louis van Gaal musim lalu. Musim depan, para manajer harus mampu lebih mengendalikan emosinya. Karena dalam aturan baru, disebutkan jika ada manajer yang sampai bereaksi kelewat batas hingga mengganggu jalannya pertandingan, seperti menahan bola yang keluar lapangan terlalu lama misalnya, tim lawan akan mendapatkan hadiah tendangan bebas, bahkan penalti jika perlu.