Wenger Tak Perlu Malu Adopsi Filosofi Mourinho

  • Berita Liga Inggris: Arsene Wenger dan Jose Mourinho berbeda filosofi dalam permainan sepakbola. Wenger lebih mengedepankan sepakbola ofensif. Sedangkan Mourinho menganut filosofi pragmatis. Bagi Mourinho, bertanding adalah mencari kemenangan, apapun taktik yang digunakan.

Liga Inggris  - Wenger Tak Perlu Malu Adopsi Filosofi Mourinho
Berita Liga Inggris: Wenger Tak Perlu Malu Adopsi Filosofi Mourinho

Berita Liga Inggris: Arsene Wenger dan Jose Mourinho berbeda filosofi dalam permainan sepakbola. Wenger lebih mengedepankan sepakbola ofensif. Sedangkan Mourinho menganut filosofi pragmatis. Bagi Mourinho, bertanding adalah mencari kemenangan, apapun taktik yang digunakan.

Fakta menunjukkan filosofi pragmatis Mourinho telah membuahkan banyak hasil, di antaranya adalah Chelsea berhasil menjadi juara Liga Premier Inggris musim ini. Dengan filosofi yang sama Mourinho sebelumnya juga berhasil bersama Inter Milan meraih treble, bersama FC Porto jadi juara Portugal dan Liga Champions, dan membawa Real Madrid juara La Liga.

Mourinho tidak pernah pedulikan berbagai kritikan pihak luar yang menyebut permainan timnya membosankan, atau dia menggunakan strategi parkir bus untuk menghindari kebobolan. Bagi Mourinho, kemenangan adalah nomor satu, sedangkan bermain cantik itu nomor kesekian.

Hal sebaliknya yang terjadi dengan Arsene Wenger bersama Arsenal. The Gunners memang memperlihatkan permainan ofensif yang atraktif di setiap pertandingan. Sayangnya, sudah 12 tahun mereka tak mampu menjadi juara Liga Premier.

Karena itulah mantan pelatih timnas Inggris, Glenn Hoddle, menyarankan kepada Arsene Wenger agar tak malu meniru filosofi Mourinho jika ingin Arsenal meraih gelar juara. Wenger tidak harus selalu mengedepankan permainan menyerang yang cantik. Perlu juga sekali-kali Arsenal bermain bertahan untuk menjaga keunggulan.

“Kita semua tahu seberapa bagus sisi ofensif Arsenal. Mereka memiliki sekelompok bakat di lini tengah dan punya berbagai pilihan untuk menyerang. Namun berbeda dengan cara mereka bertahan,” ujar Hoddle.

“Tapi saya merasa bahwa Arsene Wenger butuh untuk mengambil sedikit dari filosofi Mourinho untuk menjadikan Arsenal sebagai tim yang benar-benar hebat dan bisa memenangi Premier League,” tambahnya.