Manchester United vs Arsenal: Wenger Masih Trauma Gol Ryan Giggs 16 Tahun Silam

  • Mimpi buruk 16 tahun silam masih menghantui manajer Arsenal, Arsene Wenger, jelang pertandingan perempat final Piala FA antara Manchester United melawan Arsenal di Old Trafford, Selasa (10/3/2015) dinihari WIB nanti.

Liga Inggris  - Manchester United vs Arsenal: Wenger Masih Trauma Gol Ryan Giggs 16 Tahun Silam

Mimpi buruk 16 tahun silam masih menghantui manajer Arsenal, Arsene Wenger, jelang pertandingan perempat final Piala FA antara Manchester United melawan Arsenal di Old Trafford, Selasa (10/3/2015) dinihari WIB nanti.

Peristiwa yang menjadi mimpi buruk dan traumatis bagi Wenger itu adalah sebuah gol indah yang dicetak Ryan Giggs pada semifinal Piala FA tahun 1999 lalu. Ketika itu, Arsenal dikalahkan Manchester United 2-1 melalui babak perpanjangan waktu. Dan gol penentu kemenangan dicetak oleh Ryan Giggs, yang kini menjadi asisten pelatih Louis van Gaal.

Pada 16 tahun lalu itu, pertandingan dilanjutkan dengan perpanjangan waktu setelah kedua tim bermain imbang 1-1 di waktu normal berkat gol David Beckham (MU) dan Dennis Bergkamp (Arsenal).

The Gunners seharusnya bisa menang di kala itu karena MU harus bermain 10 orang setelah kapten Roy Keane dikartu merah. Tak cuma itu, mereka juga mendapatkan hadiah penalti tapi gagal dimaksimalkan oleh Dennis Bergkamp jelang akhir waktu normal.

Sebaliknya MU, pada masa-masa perpanjang waktu, lewat Ryan Giggs malah berhasil mencetak gol dan membawa Setan Merah keluar sebagai pemenang dengan skor 2-1.

Gol dari legenda hidup MU itu juga menjadi salah satu gol terbaik dalam sejarah Piala FA. Giggs yang saat itu diasuh oleh Sir Alex Ferguson melakukan aksi solo run dari tengah lapangan dan melewati beberapa pemain Arsenal, sebelum akhirnya bola dihujamkan ke gawang David Seaman.

“Saya masih mendengar teriakan tim mereka yang menang. Mereka tidak bisa mempercayainya, karena tinggal diperkuat 10 pemain. Dan saya pikir itu membuat mereka berada dalam euforia. Hal yang sama saat mereka memenangi titel,” ucap Wenger mengenang kekalahan menyakitkan itu seperti dilansir DailyMail.

“Saya melihat lagi gol itu saat Giggs pensiun. Saya pikir gol itu membuat mereka memenangi treble, karena jika Bergkamp bikin gol (penalti), pertandingannya berakhir. Itu meninggalkan trauma buat kami dan hal yang positif untuk mereka. Gol itu jelas menentukan musim mereka,” tuturnya.

Untuk diketahui, Manchester United kemudian menjadi juara Piala FA setelah mengalahkan Newcastle 2-0 di final. Dan di tahun 1999 itu, MU mencatat sukses besar. Mereka meraih treble (tiga trofi), yaitu juara Liga Premier Inggris, juara Liga Champions dan juara Piala FA.