Chelsea Gila! Belum Apa-apa Sudah Dapat Rp 2,25 Trilyun

Chelsea berhasil mendapatkan Rp 2,25 Trilyun tahun ini saja dari penjualan 7 pemain kurang penting dari skuad The Blues. Siapa saja?

Pemain-pemain Chelsea
Pemain-pemain Chelsea

Liga Inggris –¬†Jendela transfer musim panas belum lagi dibuka tapi Chelsea sudah bergelimang uang banyak setelah melakukan sejumlah transfer sepanjang tahun ini.

Juara bertahan Liga Inggris itu telah meraup 128,3 juta poundsterling dari hasil penjualan hanya tujuh pemain tahun 2017 ini – dan penjualan utama bahkan belum lagi dimulai.

Diumumkan pada hari Jumat bahwa bek Belanda berusia 22 tahun Nathan Ake telah dijual ke Bournemouth dengan harga 20 juta pound, yang semakin meningkatkan pundi-pundi uang Chelsea menjelang apa yang diharapkan menjadi musim panas yang sibuk di Stamford Bridge.

Semuanya dimulai kembali pada bulan Januari, ketika klub tajir Liga Super China Shanghai SIPG menghabiskan 60 juta pound untuk mendatangkan playmaker Brasil, Oscar, sehingga memberi Chelsea pengembalian dana untuk sebagian besar pengeluaran musim panas mereka sebelumnya.

Jendela musim dingin juga melihat penjualan striker Patrick Bamford ke Middlesbrough dengan biaya 6 juta poundsterling, berpotensi naik menjadi 10 juta pound jika memenuhi target tertentu untuk klub Riverside itu.

Bamford, 23 tahun, tahu bahwa kesempatannya untuk lolos ke skuad utama tidak akan pernah tercapai di Chelsea, setelah dipinjamkan enam kali hanya dalam waktu lima tahun.

Dan setelah tim Antonio Conte merebut gelar Premier League di bulan Mei, manajer tersebut tidak membuang waktu untuk memangkas beberapa lemak dari skuadnya yang luar biasa gemuk.

Sejumlah pemain telah terjual dan kesepakatan tersebut secara resmi akan diratifikasi satu per satu saat jendela transfer dibuka pada hari Sabtu, 1 Juli 2017.

Kiper cadangan Asmir Begovic akan mengikuti Ake pindah ke Bournemouth, setelah memastikan transfer senilai 10 juta pound pada akhir musim lalu.

Pemain sayap Kolombia yang tidak diinginkan, Juan Cuadrado, telah mempermanenkan pinjamannya ke juara Italia Juventus, yang telah membayar 17,3 juta pound. Langkah tersebut dikonfirmasi setelah klausul dalam kontraknya dipicu oleh sang pemenang gelar Liga Italia itu.

Satu pinjaman lainnya, gelandang Ghana Christian Atsu, memastikan pindah ke Newcastle United dalam kesepakatan senilai 6,2 juta pound. Yang aneh adalah, Atsu telah berada di buku gaji Chelsea sejak 2013 namun belum satu kali pun bermain untuk klub tersebut, malah melakukan lima pinjaman, yang terakhir untuk Newcastle.

Conte juga menyetujui penjualan striker Bertrand Traore ke Lyon seharga 8,8 juta pound setelah pemain internasional Burkina Faso itu menghabiskan musim 2016-17 sebagai pinjaman di Ajax.

Dan dengan penjualan Ake yang telah dikonfirmasi, itu berarti Chelsea telah menghasilkan hampir 130 juta pound sepanjang tahun kalender ini. Angka itu setara dengan Rp 2,28 Trilyun.

Selain itu, mereka akan mendapat bayaran dari Liverpool untuk striker muda Dominic Solanke, yang jumlahnya akan ditentukan oleh pengadilan.

Sejumlah sejumlah pemain juga telah meninggalkan klub tersebut dengan status bebas transfer tahun ini, termasuk John Obi Mikel ke Tianjin, Branislav Ivanovic ke Zenit Saint Petersburg dan Alex Kiwomya ke Doncaster Rovers. Selain itu, mantan kapten John Terry dan bek asal Skotlandia Skotlandia, Alex Davey, telah dilepas untuk mencari klub lain setelah kontrak mereka habis masa berlakunya.

Sepakbola.cc