Pertahanan Chelsea Bakal Mirip Juventus

  • Berita Bola – Kehadiran David Luiz kian menguatkan prediksi banyak pengamat jika pelatih Antonio Conte akan memainkan pola andalannya, yaitu 3-5-2 , di Chelsea. Formasi tiga bek tengah kembar itu merupakan formasi favorit Conte ketika di Juventus dan timnas Italia.

Berita Bola – Kehadiran David Luiz kian menguatkan prediksi banyak pengamat jika pelatih Antonio Conte akan memainkan pola andalannya, yaitu 3-5-2 , di Chelsea. Formasi tiga bek tengah kembar itu merupakan formasi favorit Conte ketika di Juventus dan timnas Italia. 

Melihat materi pemain belakang yang dimilikinya saat ini, cukup beralasan jika Conte akan memakai pola 3-5-2. Nantinya John Terry, Garry Cahill, dan Luiz, berpotensi menjadi tiga menara kembar di jantung pertahanan Chelsea.

Akan terlihat keberadaan dan peran tiga pemain itu sama dengan tiga bek tangguh Juventus, yaitu Leonardo Bonucci, Andrea Barzagli, dan Giorgio Chiellini. Trio BBC ini juga menjadi andalan di pertahanan timnas Italia.

Dilansir Daily Mail, permainan Luiz hampir mirip dengan Bonucci. Bek 29 tahun tersebut memiliki penguasaan bola yang bagus.Umpan-umpannya, baik pendek dan panjang, juga akurat. Sementara, Cahill punya gaya main yang sama dengan Barzagli, sebagai pemutus aliran bola. Sementara Terry punya kemampuan memimpin di lini belakang yang bagus, setara dengan Chiellini.

Conte tidak perlu khawatir jika salah satu dari ketiga bek Chelsea tadi absen. Karena mereka masih punya satu bek tengah lagi yaitu Kurt Zouma, 21 tahun. Bek muda ini sudah berangsur pulih dari cedera. Kalau pun itu tak ada, masih tersedia Branislav Ivanovic yang bisa bermain sebagai bek tengah.

Di lini tengah, Conte akan menempatkan N’Golo Kante yang perannya nanti mirip dengan Arturo Vidal ketika masih membela Juventus. Selanjutnya Oscar bisa menjadi gelandang pengatur serangan dan Eden Hazard berpotensi diplot di sektor gelandang serang.

Lalu di sisi ketiga gelandang itu, Conte akan menempatkan Branislav Ivanovic dan Cesar Azpilicueta. Kedua pemain ini mengalami perubahan peran, dari full-back menjadi wing-back.

Sementara di lini serang, Diego Costa tetap menjadi ujung tombak yang nantinya akan dilapis oleh Michy Batshuayi. Keduanya bisa bermain bareng atau dipasangkan dengan Willian. Tergantung situasi.

Oleh : Gilabola.com