Setelah Manchester City merencanakan tur ke Asia Tenggara, giliran Chelsea unjuk gigi. Mereka pun akan ke Malaysia pada 29 Juli 2008 untuk meladeni tantangan Malaysian All-Star di Kuala Lumpur. Akankah Malaysia memberikan ijin bagi warga negara Israel?

Rencana Chelsea mengunjungi Kuala Lumpur terganjal masalah. Pelatih Avram Grant dan bek Tal Ben-Haim terancam tak bisa memasuki negeri jiran itu karena keduanya warga negara Israel. Padahal, Malaysia dan Israel tak memiliki hubungan diplomatik.

“Tak ada preseden apa-apa. Kami terus melakukan dialog dengan Malaysia melalui perwakilan kami. Sejauh ini mereka menyambut baik rencana kami,” kata Ketua Chelsea Peter Kenyon. Menurut Kenyon tim cricket Isarel pernah berpartisipasi di International Cricket Council Trophy di Malaysia pada tahun 1997.

Bagi The Blues tur ke Malaysia itu akan menjadi kunjungan pertama klub itu sejak Mei 2005. “Kami senang bisa mengunjungi Asia yang membrikan dukungan besar kepada kami. Kami memberikan kesempatan pada para pendukung untuk menyaksikan permainan kami,” kata Kenyon.

Menurutnya Asia memiliki peran penting di sepakbola. Apalagi perkembangan sepakbola di wilayah ini sangat pesat. “Kekuatan Asia bertambah baik jika mengikuti pertandingan global,” lanjutnya.

Chelsea memiliki hubungan dekat dengan Asia. Selain mendapat sponsor dari Samsung (Korea Selatan) mereka juga merekrut pemain=pemain muda asal Cina. (DH)

BAGIKAN