Agustus 2003 : Cristiano Ronaldo Gabung Manchester United

Pada tanggal 12 Agustus 2003, Sir Alex Ferguson meresmikan transfer barunya, seorang pemuda Portugal bernama Cristiano Ronaldo yang kala itu […]

Pada tanggal 12 Agustus 2003, Sir Alex Ferguson meresmikan transfer barunya, seorang pemuda Portugal bernama Cristiano Ronaldo yang kala itu masih berusia 18 tahun.

Ronaldo muda diboyong Manchester United dengan harga 12,2 juta pounds dan saat itu menjadikan dirinya sebagai remaja termahal di dunia. Namun rekor itu tak berlangsung lama, MU kemudian membeli beberapa pemain dengan harga yang mulai melambung tinggi, diantaranya Anderson (22 juta pounds), Wayne Rooney (26 juta pounds), Luke Shaw (31 juta pounds dan Anthony Martial (36 juta pounds) dalam beberapa tahun kemudian.

Ferguson telah mengincar Ronaldo beberapa lama, namun ia akhirnya mempercepat proses transfer saat mengetahui bahwa beberapa klub pesaing MU juga mengincar remaja asal Portugal tersebut.

Dan akhirnya keinginan sang manajer legendaris tersebut semakin membuncah pada 7 Agustus 2003 saat Ronaldo bersama Sporting Lisbon melibas MU dengan skor 3-1. Kala itu Ronaldo membuat John O’Shea tampak seperti badut.

Ferguson mengatakan pada saat itu ” Dia adalah seorang pemain sepak bola yang sangat berbakat, penyerang yang handal menggunakan kaki kiri dan kanan, bisa bermain di mana saja, depan, kanan, kiri atau di tengah.”

Bahkan George Best sang legenda sepak bola Inggris mengatakan bahwa sudah banyak pemain yang disebut sebagai The New George Best, namun semenjak gelar tersebut disematkan kepada Ronaldo, justru George Best sendiri yang merasa tersanjung.

Saat bergabung dengan MU, Ronaldo meminta jersey nomor 28, seperti saat dirinya membela Sporting Lisbon. Namun jersey nomor 7 lah yang diberikan kepadanya, nomor legendaris yang pernah dikenakan oleh George Best, Eric Cantona, dan David Beckham. Dan kini, dengan mereka CR7, Ronaldo punya merek dagang yang mendunia.

Oleh : Gilabola.com

Sepakbola.cc