Daftar Kenapa MU Akan Berkuasa Musim Depan

6

  Ibarat roda nasib, kondisi sebuah klub terkadang bagaikan roda yang suatu saat ada dibawah, waktu yang lain akan berada diatas. Sempat babak belur dalam era kepemimpinan David Moyes, kini Manchester United seakan mulai mencoba bangkit. Daftar kenapa MU akan berkuasa musim depan. Ya, Kedatangan Louis van Gaal sukses bangkitkan kepercayaan diri MU sebagai klub […]

Daftar Kenapa MU Akan Berkuasa Musim Depan - berita Liga Inggris

 

Ibarat roda nasib, kondisi sebuah klub terkadang bagaikan roda yang suatu saat ada dibawah, waktu yang lain akan berada diatas. Sempat babak belur dalam era kepemimpinan David Moyes, kini Manchester United seakan mulai mencoba bangkit. Daftar kenapa MU akan berkuasa musim depan.

Ya, Kedatangan Louis van Gaal sukses bangkitkan kepercayaan diri MU sebagai klub besar kembali. Apalagi hasil tur pramusim ke AS sangat memuaskan karena tak terkalahkan dalam lima pertandingan sekaligus membawa trofi International Champions Cup.

Terdapat setidaknya lima alasan MU akan sukses musim depan versi Daily Mail:

  1. Van Gaal Berjiwa Pemenang

Sederhana namun sangat berpengaruh. Kualitas manajer asal Belanda itu jelas semakin terbukti ada di atas David Moyes yang hanya menangani Everton.

Van Gaal terbukti mampu mengembalikan kekuatan tim meski skuad yang dimiliki tidak jauh berbeda dengan Moyes. MU mampu menang penalti lawan Inter, dan bangkit dari ketinggalan lawan Liverpool menunjukkan MU telah berubah menjadi tim yang berbeda.

  1. Van Gaal Tak Takut Melakukan Perubahan Besar-Besaran

MU sejatinya terbiasa dengan pola 4-4-2 atau 4-2-3-1 di era Alex Ferguson dan Moyes. Namun van Gaal langsung berani mengubahnya menjadi pola 3-4-1-2 atau 3-5-2 dalam tim.

Ia terbukti mampu memaksimalkan skuad yang ada ketimbang harus membeli pemain baru demi menggunakan pola yang sama. Namun pemain yang tidak sesuai dengan polanya seperti Marouane Fellaini, Nani, Anderson, Javier Hernandez, dan Shinji Kagawa harus siap menjadi korban.

  1. Rooney Kembali Ceria

Awalnya sempat ada keraguan kalau Wayne Rooney akan kembali bersinar di bawah van Gaal. Maklum saja, di MU terdapat Robin van Persie yang merupakan anak emas van Gaal di timnas Belanda.

Namun, penampilan Rooney yang gemilang selama di AS membuat van Gaal berubah pikiran. Ia bahkan menjadi kandidat kapten terkuat ketimbang van Persie. Rooney sendiri mengaku sangat bahagia dengan era kepemimpinan yang baru di bawah van Gaal.

  1. Juan Mata Menjadi Pemain No.10

Walaupun Mata memakai kostum nomor delapan, namun perannya sebagai gelandang serang di belakang dua striker membuktikan kepercayaan van Gaal.

Mata nampak lebih nyaman turun di posisi itu ketimbang menjadi penyerang sayap seperti musim lalu di bawah arahan Moyes. Sayangnya, kebangkitan Mata membuat Shinji Kagawa yang juga punya kelebihan di posisi yang sama menjadi terabaikan.

  1. Young Berubah Menjadi Pemain Penting

Bila Moyes masih bertahan mungkin Young dan Anderson menjadi pemain pertama yang akan dilepas musim panas ini. Namun, van Gaal diluar dugaan malah memberikan kepercayaan pada pemain asal Inggris itu.

Ia diberi peran sebagai sayap seperti halnya Arjen Robben di timnas Belanda. Apalagi Young juga kerap membantu pertahanan seperti saat lawan Liverpool.

Jika Young mampu mempertahankan performanya, maka musim depan ia pasti menjadi pilihan utama. Serta membuat nasib Nani, Antonio Valencia, dan Wilfried Zaha terancam.