Daftar keputusan Howard Webb yang Rugikan Liverpool

  Siapa yang tidak kenal Howard Webb? Wasit plontos yang dikenal selalu memberi keputusan kontroversial ini ternyata kerap merugikan Liverpool. Meski sudah pensiun, hingga kini masih banyak yang mem permasalahkan beberapa keputusannya. Daftar keputusannya yang rugikan Liverpool. The Reds adalah salah satu pesaing Manchester United dalam perebutan gelar Liga Premier Inggris dan Webb memang dikenal […]

Liga Inggris  - Daftar keputusan Howard Webb yang Rugikan Liverpool

 

Siapa yang tidak kenal Howard Webb? Wasit plontos yang dikenal selalu memberi keputusan kontroversial ini ternyata kerap merugikan Liverpool. Meski sudah pensiun, hingga kini masih banyak yang mem permasalahkan beberapa keputusannya. Daftar keputusannya yang rugikan Liverpool.

The Reds adalah salah satu pesaing Manchester United dalam perebutan gelar Liga Premier Inggris dan Webb memang dikenal sebagai wasit yang memiliki kedekatan dengan The Red Devils. Wajar bila banyak yang tak heran beberapa keputusannya kerap menguntungkan mereka. Berikut adalah keputusan Webb yang merugikan The Reds.

 

1. West Ham United vs Liverpool (Piala FA 2006)

Dalam final Piala FA 2006, Liverpool berhadapan dengan West Ham United. Di laga itu kedua tim harus rela tampil tanpa kedua bintangnya, Liverpool harus tampil tanpa Luis Garcia, sedangkan West Ham harus tampil tanpa Hayden Mullins.

Yang menjadi permasalahan, Webb memberikan kartu merah kepada dua pemain yang terlibat pertikaian di laga Liga Premier. Pada laga itu, Garcia dan Mullins terlibat bentrok usai keduanya bertubrukan dilapangan.

Tanpa ba-bi-bu, Webb langsung memberi kartu merah pada kedua pemain. Namun publik menilai bentrokan itu tidak harus diganjar kartu merah. Dampaknya cukup parah, kedua pemain itu dilarang tampil di laga final Piala FA yang hanya berjarak satu minggu usai insiden itu.

 

2. Arsenal vs Liverpool (Liga Premier 2010)

Liverpool dikalahkan Arsenal 0-1 dalam laga Liga Premier, pada Februari 2010. Satu-satunya gol bagi Arsenal dihasilkan oleh Abou Diaby.

Sebenarnya pada laga itu The Reds sanggup menyamakan kedudukan apabila Webb memberi hadiah penalti. Pasalnya gelandang Arsenal, Cesc Fabregas, secara jelas menghalau bola dengan tangannya di depan gawang Arsenal.

Ironisnya, Webb tidak menganggapnya sebagai sebuah pelanggaran. Pertandingan pun dilanjutkan dan berakhir 1-0 untuk keunggulan Arsenal.

 

3. Manchester United vs Liverpool (Liga Premier 2010)

Musibah memang benar-benar dirasakan Liverpool pada Maret 2010. Saat itu Liverpool dipaksa pingsan dari Manchester United 1-2.

The Reds berhasil unggul lebih dulu melalui gol yang dicetak Fernando Torres. Namun akhirnya MU berhasil menyamakan kedudukan melalui eksekusi penalti Wayne Rooney.

Howard Webb memberi hadiah penalti bagi MU, usai Ashley Young dilanggar Javier Mascherano. Namun sebenarnya, Mascherano melanggar Young di luar kotak penalti, hanya saja Young berhasil meyakinkan Webb dengan melompat masuk dan bergaya mengerang kesakitan di dalam kotak penalti Liverpool.

Laga pun berakhir 2-1 untuk kemenangan The Red Devils.

 

4. Liverpool vs Tottenham Hotspur (Liga Premier 2011)

Liverpool menyerah 0-2 dari Tottenham di laga Liga Premier. Saat Spurs memimpin 1-0, The Reds mulai dapat menguasai jalannya pertandingan, namun harapan Steven Gerrard dan kawan-kawan langsung hilang usai gol kedua bagi Spurs tercipta.

Gol kedua bagi Spurs berawal dari keputusan Webb yang memberikan hadiah penalti bagi Tottenham usai melihat bek Liverpool, Jon Flanagan, melanggar gelandang Tottenham, Steven Pienaar. Lucunnya, saat diputar ulang, kejadian tersebut sebenarnya malah terjadi di luar kotak penalti Liverpool.

 

5. Chelsea vs Liverpool (Liga Premier 2013)

Penyerang Liverpool saat itu, sang fenomenal, Luis Suarez, pantas geram pada keputusan Howard Webb saat timnya berhadapan dengan Chelsea di Liga Premier. Suarez dua kali mendapat pelanggaran serius dari pemain Chelsea namun Webb malah tidak menganggapnya sebagai pelanggaran.

Suarez dilanggar cukup keras oleh penyerang Chelsea, Samuel Eto’o. Padahal saat itu pria Uruguay tersebut sedang tidak membawa bola, namun Webb yang jelas-jelas melihat itu tidak peduli dan tetap melanjutkan pertandingan.

Beberapa menit berselang, aksi Suarez di kotak penalti Chelsea terpaksa dihentikan John Terry dengan cara yang tidak wajar. Terry menggunakan tubuh Suarez sebagai ‘pijakan’ untuk menjangkau bola saat melakukan duel udara dan Webb pun tidak menghiraukan kejadian itu.

Laga pun berakhir 2-1 untuk keunggulan Chelsea. Usai kejadian tersebut banyak fans Liverpool yang geram dan mempertanyakan profesionalitas seorang Howard Webb.