Derby Manchester: MU Tak Diunggulkan, Ini Alasannya

Duel bergengsi dua tim sekota, Manchester City dan Manchester United, dipastikan menjadi laga terakbar dan terpanas di ajang Liga Premier Inggris akhir pekan ini. Kali ini, giliran Setan Merah yang bertandang ke markas City di Etihad Stadium pada Minggu (2/11).

Liga Inggris  - Derby Manchester: MU Tak Diunggulkan, Ini Alasannya

Duel bergengsi dua tim sekota, Manchester City dan Manchester United, dipastikan menjadi laga terakbar dan terpanas di ajang Liga Premier Inggris akhir pekan ini. Kali ini, giliran Setan Merah yang bertandang ke markas City di Etihad Stadium pada Minggu (2/11).

Dalam beberapa laga terakhir performa City menurun. Mereka menelan dua kekalahan beruntun, yaitu kalah 1-2 dari West Ham di ajang liga pekan lalu, dan menyerah 0-2 kepada Newcastle di pentas Capital One Cup.

Namun performa buruk City tersebut tidak serta merta disimpulkan kalau mereka bakal kesulitan menghadapi United besok malam. Sejumlah rumah taruhan tetap menempatkan City sebagai unggulan. Selain karena faktor tuan rumah, penampilan MU sendiri juga tidak bagus-bagus amat.

Sejauh ini, tim asuhan Manuel Pellegini masih menempati posisi ketiga klasemen dengan nilai 17 dari 9 laga. Sedangkan tim besutan Louis Van Gaal sendiri hanya menempati posisi kedelapan dengan nilai 13.

Menurut catatan ESPN, MU kurang diunggulkan karena mereka memiliki tiga masalah berikut.

1. Kurang power di lini tengah.
MU kini memiliki Daley Blind. Pemain asal Belanda ini punya sederet kelebihan: memiliki teknik tinggi, visi permainannya yahud, dan pandai mengatur ritme permainan. Namun kekuatan fisiknya kurang memadai. Ia bakal kesulitan meladeni gelandang City yang berteknik bagus dan bertenaga besar, yakni Yaya Toure.

2. Rekor buruk pada laga tandang.
United masih mampu tampil bagus di Old Trafford pada musim ini. Setelah kalah pada laga pertama, mereka menang tiga kali dan ditahan seri Chelsea pada laga terakhir. Sayangnya, catatan tim ini buruk saat tampil di luar kandang. MU belum pernah menang dalam lima laga tandang melawan tim papan tengah, termasuk ditahan seri Sunderland, Burnley, dan West Brom. Mereka juga sempat dikalahkan MK Dons di Capital One Cup. Rekor buruk ini akan jadi beban karena City jelas lebih kuat ketimbang lawan-lawan tandang MU sebelumnya.

3. Kelemahan di lini belakang.
Sejak Van Gaal bertugas, United tak pernah benar-benar bisa menunjukkan soliditas lini belakang. Selain karena cedera pemain, juga karena ada eksperimen penggunaan tiga bek dalam sejumlah laga awal. Kini empat bek utama MU sudah pulih. Namun, seperti saat melawan Chelsea, Marcos Rojo dan Chris Smalling tampak kedodoran saat menghadapi umpan bola panjang.

Sepakbola.cc