Derby Manchester: Pilihan Pemain dan Strategi Kedua Tim

Sampai beberapa tahun yang lalu derby Manchester tidak terasa penting. Semuanya berakhir setelah ada suntikan dana dari investor Abu Dhabi ke Manchester City. Sejak saat itu laga melawan Manchester City berarti banyak bagi Wayne Rooney dan kawan-kawan. Klub berbasis di Old Trafford itu telah kehilangan lima dari enam derby terakhir dan akan memulai derby yang satu ini […]

Derby Manchester: Pilihan Pemain dan Strategi Kedua Tim

Sampai beberapa tahun yang lalu derby Manchester tidak terasa penting.

Semuanya berakhir setelah ada suntikan dana dari investor Abu Dhabi ke Manchester City.

Sejak saat itu laga melawan Manchester City berarti banyak bagi Wayne Rooney dan kawan-kawan.

Klub berbasis di Old Trafford itu telah kehilangan lima dari enam derby terakhir dan akan memulai derby yang satu ini sebagai underdog dan ada perasaan bahwa Van Gaal akan dengan senang hati menerima hasil seri pada derby kali ini meskipun Man City menderita sejumlah kekalahan baru-baru ini.

Kemungkinan besar Chris Smalling dan Marcos Rojo akan mulai sebagai starter di jantung pertahanan. Meskipun duo itu tidak terlihat saling cocok pada waktu melawan Chelsea minggu lalu, mereka telah diyakinkan oleh fakta bahwa mereka hanya kebobolan satu gol.

Antonio Valencia sudah bisa kembali dari cederanya dan menutup wilayah bagi Rafael di sisi kanan terutama karena pemain Brasil itu memiliki kecenderungan untuk meninggalkan posnya dan ikut membantu serangan ke depan.

Michael Carrick juga belum jelas apakah add peluang muncul sebagai starter. Masih harus dilihat apakah Van Gaal akan membawa gelandang ini ke medan pertempuran yang intens seperti Minggu malam nanti.

Maroune Fellaini dan Daley Blind sekali lagi diharapkan membentuk poros ganda di lini tengah dan pemain tinggi besar Belgia itu tentu ingin melanjutkan kenaikan performanya akhir-akhir ini.

Keputusan besar yang akan dihadapi bos United adalah apakah ia akan memulai dengan Wayne Rooney yang telah menyelesaikan hukuman selama tiga pertandingan terakhir United.

Van Gaal sangat ingin memainkan Rooney jika dia fit, dengan pertimbangan pemain Inggris itu menawarkan kehadiran fisik di lini tengah saat timnya kehilangan bola.

Manchester United mungkin mulai dengan format 4-4-1-1 dengan Rooney bermain sebagai penghubung antara lini tengah dan Robin van Persie di depan.

Kemungkinan line-up (4-4-1-1): De Gea; Rafael, Smalling, Rojo, Shaw; Valencia, Fellaini, Blind, Di Maria; Rooney; Van Persie

Derby Manchester: Pilihan Pemain dan Strategi Kedua Tim

Sementara itu Manchester City datang ke pertandingan ini dengan semangat untuk memenangkan derby keempat secara berturut-turut, sebuah prestasi yang tidak terlihat sejak tahun 1970-an.

Tapi mereka akan harus bermain baik untuk bisa menang dan berharap bahwa tulang punggung utama mereka yang terdiri dari Joe Hart, Vincent Kompany, Yaya Toure  dan Sergio Aguero lagi-lagi bisa menjadi faktor yang menentukan.

Sementara Toure diragukan turun setelah cedera pangkal paha, ia mungkin terpaksa harus ikut turun, terutama dengan tidak adanya playmaker David Silva.

Pemain asal Spanyol itu mengalami cedera lutut saat Man City kalah vs Newcastle di Capital One Cup pertengahan minggu ini dan diperkirakan akan absen selama 3 minggu.

Jesus Navas harus diturunkan dibandingkan James Milner karena akan menjaga pergerakan Luke Shaw serta potensial memberikan City banyak kecepatan yang dibutuhkan untuk mengeksploitasi kebingungan yang sering terlihat di lini pertahanan Manchester United.

Samir Nasri juga harus diturunkan untuk bermain di sisi kiri depan dan memberikan dukungan bagi Edin Dzeko dan Aguero di lini depan.

Manuel Pellegrini kemungkinan besar akan mengikuti formasi tradisional 4-4-2 dengan keuntungan dari sistem ini adalah adanya dua striker sekaligus. Dan kedua striker Edin Dzeko dan Aguero memiliki catatan baik melawan United setelah menjaringkan empat gol dalam lima pertandingan masing-masing di Liga Premier.

Kemungkinan line-up (4-4-2): Hart; Zabaleta, Kompany, Dimechelis, Clichy; Navas, Toure, Fernandinho, Nasri; Aguero, Dzeko

Sepakbola.cc