Euro 2012: 5 Kejutan Rooney di laga vs Ukraina Selasa 19/06/2012

7

5 Kejutan Rooney di laga vs Ukraina Selasa 19/06/2012 Striker Inggris Wayne Rooney akan kembali turun membela The Three Lions pada laga Selasa malam (19/06/2012) atau Rabu dinihari (20/06/2012) melawan tuan rumah Ukraina. Ini adalah pertama kalinya Rooney turun setelah menjalani hukuman skorsing sebanyak dua kali yang dijatuhkan UEFA, setelah menendang pemain Montenegro, Miodrag Dzudovic, […]

Liga Europa Liga Inggris  - Euro 2012: 5 Kejutan Rooney di laga vs Ukraina Selasa 19/06/2012

5 Kejutan Rooney di laga vs Ukraina Selasa 19/06/2012

Striker Inggris Wayne Rooney akan kembali turun membela The Three Lions pada laga Selasa malam (19/06/2012) atau Rabu dinihari (20/06/2012) melawan tuan rumah Ukraina.

Ini adalah pertama kalinya Rooney turun setelah menjalani hukuman skorsing sebanyak dua kali yang dijatuhkan UEFA, setelah menendang pemain Montenegro, Miodrag Dzudovic, tahun lalu di salah satu laga kualifikasi.

Waktu itu UEFA menjatuhkan hukuman tiga laga, yang berarti Rooney tidak akan turun sama sekali di laga Grup D. Namun FA (PSSI-nya Inggris) kemudian mengajukan banding. Pemain Montenegro Miodrag Dzudovic yang ditendang Rooney juga merasa skorsing tiga laga terlalu berlebihan, dan berniat membela Rooney.

Kejutan macam apa yang akan diberikan Rooney di laga pertamanya?

Pertama, Rooney akan hadir di lini depan dengan semangat untuk menjebol gawang Ukraina. Tidak akan mengejutkan jika ia menciptakan gol.

Sejauh ini ia sudah 28 kali menjebol gawang lawan dari 74 kali penampilan bersama The Three Lions. Setengah dari produksi gol Inggris dibuat olehnya sendirian. Jumlah 28 gol itu lebih banyak 9 gol daripada semua gol yang dibuat Danny Welbeck, Jermaine Defoe, dan Andy Carrol secara bersama-sama.

Kedua, Rooney akan muncul di mana-mana di seluruh penjuru lapangan. Musim lalu ia lari sepanjang 197,7 miles atau setara dengan 318,16 kilometer untuk klubnya, Manchester United. Jumlah jarak itu yang paling jauh dibandingkan siapa pun rekan setimnya di Inggris. Kerajinannya menjelajah akan menutup gap antara Steven Gerrard dan Scott Parker dengan Danny Welbeck di depan.

Ketiga, Rooney akan berusaha menyelesaikan semua umpan yang diberikan kepadanya dari lini tengah. Sejauh ini ia sudah menyelesaikan 1.654 dari 2.208 pass yang diumpankan kepadanya selama bermain untuk Inggris sejauh ini.

Keempat, sejauh ini bersama timnas Inggris ia sudah menciptakan 110 peluang di depan gawang lawan, dan sayangnya hanya 13 saja yang mampu diselesaikan rekan seperjuangannya.

Terakhir, figur Rooney bagaimana pun penting untuk tim. Memang dia bukan kapten. Tapi figurnya dinantikan banyak rekan setimnya, selain fans. Kehadirannya saja sudah akan membangkitkan moral dan kepercayaan diri tim.

Inggris kini di posisi tiga klasemen dengan nilai 4, hasil sekali draw vs Perancis, dan sekali menang atas Swedia.