Euro 2016: Spanyol Kalah, Inggris Melaju

11

Juara bertahan Eropa Spanyol menderita kekalahan kualifikasi pertama mereka dalam delapan tahun ketika ditaklukkan tuan rumah Slovakia 2-1. Sementara itu Inggris berhasil membuat dua kemenangan beruntun di ajang kualifikasi Euro 2016. Spanyol, yang memulai awal kualifikasi Euro 2016 mereka dengan kemenangan telak 5-1 vs Makedonia, tampak memamerkan kesalahan yang telah menyebabkan mereka mengalami penghinaan di Piala Dunia. Dengan hasil […]

Liga Inggris Liga Spanyol Piala Eropa  - Euro 2016: Spanyol Kalah, Inggris Melaju

Juara bertahan Eropa Spanyol menderita kekalahan kualifikasi pertama mereka dalam delapan tahun ketika ditaklukkan tuan rumah Slovakia 2-1.

Sementara itu Inggris berhasil membuat dua kemenangan beruntun di ajang kualifikasi Euro 2016.

Spanyol, yang memulai awal kualifikasi Euro 2016 mereka dengan kemenangan telak 5-1 vs Makedonia, tampak memamerkan kesalahan yang telah menyebabkan mereka mengalami penghinaan di Piala Dunia. Dengan hasil ini Slovakia memuncaki Grup C dengan nilai sempurna enam poin.

Mantan gelandang Chelsea Miroslav Stoch, yang sekarang merumput di Al Ain Uni Emirat Arab, menjebol gawang Iker Casillas tiga menit dari batas waktu laga di Zilina untuk membuat pasukan Vicente Del Bosque mencicipi pahitnya kekalahan kualifikasi pertama sejak 2006. Mereka sebenarnya sudah berhasil menjaga tidak kalah secara beruntung sampai 36 pertandingan.

Sebelumnya Juraj Kucka membobol gawang tim tamu pada menit ke-17 hasil sebuah tendangan bebas, yang disamakan oleh Paco Alcacer pemogokan delapan menit dari waktu akhir.

Tapi dengan hanya tiga menit tersisa Slovakia meluncurkan sebuah serangan balik kilat hasil kerjasama kapten Marek Hamsik dan pemain pengganti Michal Duris guna memberi umpan crossing ke Stoch yang bersarang di dekat tiang jauh.

Sementara itu pada laga Wembley yang sesuai prediksi, Inggris membuat dua kemenangan dari dua dengan mengungguli anak kemarin sore San Marino, 5-0.

Wayne Rooney mengambil dua gol sendiri, dengan gol terakhir berbau bunuh diri, tapi tetap disahkan atas nama Rooney. Sedangkan  Phil Jagielka, Danny Welbeck dan pemain pengganti Andros Townsend juga berhasil mencetak gol.

Setelah sukses memenangkan laga tandang 2-0 di Swiss pada pertandingan perdana di Grup E, Inggris kini menang sudah mencatatkan kemenangan pada lawan paling sulit dan yang paling mudah di kualifikasi grup ini. Mereka akan bertandang ke Estonia Minggu nanti.

“Kita bisa memiliki (gol) lebih banyak, tapi saya tidak bisa menyalahkan para pemain. Saya benar-benar senang,” kata manajer Inggris Roy Hodgson.

“Pada posisi 5-0 ketika kami kehilangan bola, kami memiliki tiga atau empat pemain berlari kembali untuk merebut bola kembali. Hasrat bermain itu sangat terpuji.”

Di laga lain kampanye Swiss di turnamen ini berubah dari buruk menjadi lebih buruk saat tim yang lolos ke 16 Besar di Piala Dunia itu mengalami kekalahan 1-0 di Slovenia.

Milivoje Novakovic mencetak gol kemenangan dari titik penalti di Maribor di menit ke-79 setelah Johan Djourou menjatuhkan Kevin Kampl.

Para pemain Swiss berusaha untuk setidaknya menyamakan kedudukan tetapi ditolak oleh serangkaian penyelamatan oleh kiper Slovenia Samir Handanovic.

Lithuania juga membuat dua kemenangan beruntun dengan kemenangan 1-0 atas Estonia di Vilnius.

Di Grup G favorit Swedia dan Rusia sepakat untuk imbang 1-1 di Solna tapi pasukan Fabio Capello tetap memuncaki grup karena unggul selisih gol dari Montenegro dan Austria.

Ola Toivonen mencetak gol di babak kedua guna menyamakan kedudukan bagi Swedia yang terasa betul sangat kehilangan striker andalan mereka, Zlatan Ibrahimovic.

Tim tamu unggul lebih dulu di menit ke-10 hasil gol penyerang Dynamo Moscow Alexander Kokorin. Dengan demikian Swedia draw untuk kedua kalinya dalam kualifikasi grup dan menduduki posisi 4 klasemen grup.

Swedia sebenarnya bisa saja mengambil tiga poin tetapi mereka melewatkan penalti babak pertama yang diberikan setelah Igor Smolnikov menjatuhkan Jimmy Durmaz di kotak penalti.

Kiper Rusia Igor Akinfeyev berhasil menangkis penalti yang dieksekusi gelandang Sunderland Sebastian Larsson.

Sementara itu Montenegro secara memalukan ditahan imbang 0-0 oleh tim lemah Liechtenstein, yang memainkan laga internasional ke-100 mereka di Vaduz.

Austria mengalahkan Moldova 2-1 di Chisinau meski bermain di 10 menit terakhir dengan hanya 10 pemain.

Pemain Sydney FC Marc Janko mencetak gol kemenangan Austria tapi kemudian diusir dari lapangan di menit 82. Sebelumnya pada babak pertama kedua tim masing-masing memperoleh penalti yang diambil oleh David Alaba dan Alexandru Dedov.