Everton terinspirasi sukses Spurs

1

Kemenangan telak Tottenham Hotspur atas tim kuat Arsenal di semifinal Piala Liga, Selasa (22/1) malam, menjadi inspirasi bagi Everton dalam bersiap diri menghadapi Chelsea di ajang yang sama Rabu malam nanti. Seperti diberitakan sebelumnya, Spurs secara gemilang menghancurkan The Gunners 5-1 sekaligus merebut tiket ke final. Pada pertandingan semifinal leg pertama di kandang Arsenal dua […]

Kemenangan telak Tottenham Hotspur atas tim kuat Arsenal di semifinal Piala Liga, Selasa (22/1) malam, menjadi inspirasi bagi Everton dalam bersiap diri menghadapi Chelsea di ajang yang sama Rabu malam nanti.

Seperti diberitakan sebelumnya, Spurs secara gemilang menghancurkan The Gunners 5-1 sekaligus merebut tiket ke final. Pada pertandingan semifinal leg pertama di kandang Arsenal dua pekan lalu, kedua tim bermain sama kuat 1-1.

Sementara Everton sedikit kurang beruntung karena dikalahkan Chelsea 2-1 pada pertandingan leg pertama di kandang lawan. Seharusnya Everton bisa membawa pulang hasil imbang 1-1 saat itu, kalau saja bek Jolean Lescott tidak melakukan gol bunuh diri pada menit-menit terakhir.

Sama seperti Spurs yang belum pernah menang dalam 20 pertemuan dengan Arsenal sepanjang 9 tahun sebelumnya, Everton juga belum pernah mengalahkan Chelsea dalam 23 pertandingan sepanjang 10 tahun terakhir.

Dengan demikian duel di Goodison Park malam nanti menjadi momen yang tepat bagi Everton untuk mengakhiri sejarah buruk itu, seperti halnya yang dilakukan Tottenham terhadap Arsenal. Itu artinya, Everton harus menang. Untuk lolos ke final mereka harus menang dengan skor minimal satu gol tanpa balas.

Dalam pertandingan kali ini, kedua kubu sama-sama kehilangan pemain andalan asal Afrika. Everton kehilangan Aiyegbeni Yakubu yang memperkuat Nigeria di ajang Piala Afrika, sedangkan Chelsea kehilangan dua strikernya Didier Drogba dan Salomon Kalou yang bermain untuk Pantai Gading.

Posisi Yakubu akan digantikan oleh Andy Johnson, sedangkan Chelsea akan memasang Nicolas Anelka, strikert yang baru dibeli dari Bolton, untuk mengisi tempat Drogba dan Kalou di lini depan
***