Ferdinand minta maaf terkait iklan rokok Indonesia

Pemain belakang Manchester United (MU), Rio Ferdinand, dan pihak MU telah mengajukan permohonan maaf terkait sebuah iklan rokok asal Indonesia yang dibintanginya. Mereka berjanji tak akan melakukan hal serupa di masa mendatang. “Baik Manchester United dan Rio Ferdinand memohon maaf untuk kesalahpahaman ini dan akan berusaha untuk memastikan itu tak akan terulang lagi di masa […]

Pemain belakang Manchester United (MU), Rio Ferdinand, dan pihak MU telah mengajukan permohonan maaf terkait sebuah iklan rokok asal Indonesia yang dibintanginya. Mereka berjanji tak akan melakukan hal serupa di masa mendatang.

“Baik Manchester United dan Rio Ferdinand memohon maaf untuk kesalahpahaman ini dan akan berusaha untuk memastikan itu tak akan terulang lagi di masa mendatang,” demikian pernyataan Karen Shotbolt dari Football Media Manager Manchester United seperti dikutip dari detik.com.

Permintaan maaf Ferdinand dan MU itu sebagai tanggapan atas tuntutan Komisi Nasional Perlindungan Anak Indonesia yang meminta dihapuskannya iklan rokok tersebut. Alasannya, iklan yang dibintangi Ferdinand tersebut dianggap membahayakan karena bisa memberi efek buruk buat anak-anak.

“Komnas Anak Indonesia mendesak MU bertindak segera menghapus promosi yang membahayakan kesehatan ini. Karena Rio Ferdinand merupakan role model bagi anak dan remaja Indonesia bahkan dunia. Penampilan dirinya pada iklan rokok telah mempromosikan produk rokok di tengah euphoria sepak bola yang digandrungi anak-anak dan remaja Indonesia,” demikian rilis dari Komnas Anak.

Komnas Anak juga mempertanyakan kenapa Ferdinand bisa membintangi iklan tersebut. Soalnya The Red Devils justru punya kebijakan “smoke free”, untuk tidak menerima dukungan sponsor rokok bagi pemainnya. Apalagi Ferdinand adalah pendukung UNICEF yang selalu mengkampanyekan “putting children first”.

Perlu diketahui, kerjasama sponsorsip dengan perusahaan rokok dilarang di Inggris Raya karena kekhawatiran akan menjadi promosi terhadap para remaja.