Final Liga Champions 2012: Abramovich tak ingin Chlesea juara?

5

Mungkin ini yang namanya politik dalam sepakbola. Demi memenuhi ambisi pribadi, seorang pemilik klub bisa saja tak mengharapkan klubnya meraih gelar juara. Hal itu terjadi di Chelsea. Paling tidak itu penilaian seorang komentator sepakbola, yang juga legenda Belanda dan mantan pemain merangkap pelatih Chelsea di awal 90-an, Ruud Gullit. Dalam pernyataannya yang dilansir The Sun, […]

Final Liga Champions 2012: Abramovich tak ingin Chlesea juara? - berita Liga Champions Liga Inggris Mungkin ini yang namanya politik dalam sepakbola. Demi memenuhi ambisi pribadi, seorang pemilik klub bisa saja tak mengharapkan klubnya meraih gelar juara. Hal itu terjadi di Chelsea. Paling tidak itu penilaian seorang komentator sepakbola, yang juga legenda Belanda dan mantan pemain merangkap pelatih Chelsea di awal 90-an, Ruud Gullit.

Dalam pernyataannya yang dilansir The Sun, Gullit mengatakan kalau pemilik Chelsea,  Roman Abramovich, pada dasarnya tidak begitu suka Roberto Di Matteo menjadi pelatih The Blues. Sayangnya Di Matteo sudah menunjukkan kinerja yang bagus dengan sukses membawa Chelsea juara Piala FA dan masuk final Liga Champions. Jika nanti berhasil juara Liga Champions maka secara moral Di Matteo yang saat ini masih berstatus pelatih sementara akan dipermanenkan sebagai pelatih tetap.

Nah, hal inilah yang diam-diam tak diharapkan oleh Abramovich. Karenanya dia begitu berharap agar Chelsea tak mampu mengalahkan Bayern Muenchen alias gagal di final Liga Champions, Sabtu (19/5) atau Minggu dinihari WIB nanti. Dengan kegagalan itu, sang taipan asal Rusia punya alasan untuk memecat Di Matteo dan mengangkat pelatih baru yang dia inginkan.

“Saya pikir sudah ada seseorang yang dipersiapkan. Namun, masihkah dia menginginkannya jika Chelsea memenangi Liga Champions? Bahkan jika Jose Mourinho ingin datang dan menggantikan Robbie (Di Matteo), tahu bahwa dia bisa saja tidak mampu melampaui apa yang pernah dicapai pendahulunya,” kata Gullit seperti dilansir The Sun.

“Jika Robbie memenangkan Liga Champions, ini tiba-tiba akan memberikan tekanan yang besar kepada pelatih berikutnya. Jadi mungkin pemilik bahkan tidak ingin timnya menang di final,” tambah Gullit.

Siapa yang diinginkan Abramovich? Kabarnya ia menginginkan seorang pelatih yang punya reputasi dan nama besar sebagai pelatih The Blues. Dan kriteria itu ada pada diri seorang Pep Guardiola yang resmi berhenti dari Barcelona akhir musim ini. Selain Guardiola, pelatih yang juga diincar Abramovich adalah eks pelatih Inggris, Fabio Capello.