Sundulan Brian McBride di menit ke-67 membawa tim papan bawah, Fulham unggul 1-0 dari peringkat lima Everton, Minggu 16/3 malam.

Dalam laga itu, untuk pertama kalinya -juga di Liga Premier- pelatih Roy Hodgson menurunkan lima pemain yang diboyongnya dari Amerika Serikat, untuk berhadapan dengan Everton yang dijaga ketat mantan kiper timnas AS, Tim Howard.

Di awal laga, McBride yang juga kapten Fulham, diturunkan bersama-sama dengan kiper Kasey Keller dan penyerang Eddie Johnson. Kemudian, Hodgson menerjunkan bek Carlos Bocanegra di menit ke-74 dan Clint Dempsey menggantikan McBride saat pertandingan tersisa dua menit lagi.

Sebelum keluar lapangan, McBride sukses membobol gawang Everton yang berambisi merebut poin dalam laga ini dan mengejar tim peringkat empat, Liverpool. Hasil draw ini hanya membuat Everton mampu menambah poinnya menjadi 56.

Gol semata wayang dalam laga itu, juga menjadi gol ke dua McBride di musim ini. Sekaligus, menjadi kemenangan pertama Fulham dalam sebulan terakhir ini. Pada Agustus silam, McBride hanya turun dalam tiga pertandingan, sebelum didera cedera lutut. Dia baru kembali berlaga untuk Fulham, Februari 2008.

Dengan kemenangan ini, Fulham menambah poinnya menjadi 23, meski masih tersungkur di peringkat 19. “Gol McBride sangat penting. Untuk kami, perbedaan antara satu dan tiga poin tentunya sangat berarti,” ujar Hodgson usai pertandingan.

City rebut lagi peluang ke Piala Uefa
Dalam laga lainnya, Manchester City membukukan kemenangan 2-1 atas Tottenham Hotspur di Stadion Eastlands, Minggu 16/3 malam.

Meski telah memimpin lebih dulu di menit ke-32 melalui gol Robbie Keane, skor Hotspur berhasil disamakan lewat gol Stephen Ireland di awal babak ke dua.

Gol pertama Nedum Onuoha bagi Manchester City yang tercipta di menit ke-72, akhirnya membawa kemenangan bagi The City. Ini sekaligus mendongkrak posisi City untuk bertarung memperebutkan tiket ke Piala Uefa.

Tim asuhan Sven-Goran Eriksson itu kini beranjak naik ke peringkat delapan, dengan perolehan poin 48. Sedangkan Hotspur, tertahan di posisi 11 dengan poin 35.

Main 10 orang, Wigan kalahkan Bolton
Sementara itu meski hanya diperkuat 10 pemain, tim peringkat 12 Wigan Athletic berhasil menang tipis 1-0 atas tamunya, Bolton Wanderers.

Satu-satunya gol dalam laga tersebut, dicetak Emile Heskey di menit ke-34. Sementara, sejak pertandingan baru berlangsung enam menit, Wigan telah kehilangan Koumas yang diganjar kartu merah.

Bolton yang berada enam peringkat di bawah Wigan, dalam pertandingan itu sama sekali tak mampu membalas gol Wigan meski memiliki kekuatan lebih. Hingga pertandingan usai, skor 1-0 bertahan untuk tuan rumah Wigan. (cha)