Hasil Euro 2012: Italia jumpa Jerman di semifinal

15

Melalui drama adu penalti, Italia memastikan diri lolos ke babak semifinal Piala Eropa 2012. Italia unggul dengan skor 4-2. Adu penalti ditempuh karena pertandingan yang digelar di NSK Olimpijs, Senin (25/6) dinihari, berakhir tanpa gol walau sudah melalui perpanjangan waktu. Sejak kick off Italia langsung menggebrak pertahanan Inggris. Pada menit ke-3 De Rossi sudah mengancam […]

Melalui drama adu penalti, Italia memastikan diri lolos ke babak semifinal Piala Eropa 2012. Italia unggul dengan skor 4-2. Adu penalti ditempuh karena pertandingan yang digelar di NSK Olimpijs, Senin (25/6) dinihari, berakhir tanpa gol walau sudah melalui perpanjangan waktu.

Sejak kick off Italia langsung menggebrak pertahanan Inggris. Pada menit ke-3 De Rossi sudah mengancam gawang Joe Hart. Sayang, tendangan kerasnya masih membentur mistar gawang.

Di menit ke-26 giliran Mario Balotelli yang memeiliki pelaung emas. Lolos dari jebakan offside, dia melepaskan tendangan keras. Tetapi, bola masih menyentuh bek Inggris John Terry. Pada menit ke-31, Balotelli sudah berhadapan dengan Joe Hart, tetapi tendangannya terlalu lemah.

Semenit kemudian giliran Inggris yang mendapat peluang melalui Welbeck. Setelah mendapat umpan dari Rooney, dia melepaskan tendangan keras. Namun, bola melambung di atas mistar gawang. Italia kembali mendapat peluang pada menit ke-37 melalui Antonio Cassano. Tapi Hart berhasil menepisnya. Hingga babak pertama berakhir kedudukan 0-0 tetap tak berubah.

Di awal babak kedua, Inggris mencoba menyerang. Namun justru Italia yang mendapat peluang emas lewat De Rossi. Lolos ari jebakan offside, Rossi gagal menjebol gawang Hart karena tembakannya masih melenceng.

Italia kembali mendapat peluang pada menit ke-52. Tendangan lemah Balotelli memanfaatkan bola rebound masih bisa ditepis Hart. Montolivo memanfaatkan bola reboung untuk kali kedua, namun tendangan masih di atas mistar gawang. Di menit ke-59, Mario Balotelli kembali membuang peluang untuk mencetak gol.

Untuk memecah kebuntuan, pelatih Inggris Roy Hodgson menarik Danny Welbeck dan memasukkan Andy Carroll. Begitu juga dengan James Milner yang digantikan oleh Theo Walcott. Pergantian ini membuat Inggris lebih hidup. Young hampir saja membobol gawang Italia pada menit ke-64 setelah memanfaatkan bola rebound Carroll. Tetapi tendangannya masih bisa diblok Barzagli.

Pergantina pemain juga terjadi di kubu Italia. Namun sampai waktu normal habis, skor 0-0 tetap tak berubah. Pertandingan harus diselesaikan melalui perpanjangan waktu.

Dalam masa perpanjangan waktu, Italia kembali mendominasi jalannya pertandingan. Namun Tim Azzurri juga kembali membuang berbagai peluang sehingga sampai 30 menit waktu berlalu, kedua tim tak ada yang mampu mencetak gol. Skor 0-0 terus bertahan sampai perpanjangan waktu beerakhir.

Terpaksa pertandingan harus diakhir dengan adu penalti. Dua eksekutor Inggris, Young dan Cole gagal menjalankan tugasnya, sehingga Inggris kalah 2-4. Dengan demikian Italia berhak lolos ke semifinal Euro 2012 dan akan bertemu dengan Jerman.