Hasil Everton vs Chelsea, Sabtu 12/9/2015

30

Juara bertahan Chelsea akhirnya kalah 3-1 melawan tuan rumah Everton. Lihat bagaimana tuan rumah menghancurkan pertahanan sang juara melalui serangan balik mereka dan seorang pemain yang bahkan tidak masuk starting line-up.

Liga Inggris  - Hasil Everton vs Chelsea, Sabtu 12/9/2015

Everton vs Chelsea , Hasil , Skor Akhir , Liga Inggris , Gol , Susunan Pemain , Jalannya Pertandingan , Babak 1 , Babak 2 , Steven Naismith , Nemanja Matic

Juara bertahan Chelsea akhirnya kalah 3-1 melawan tuan rumah Everton. Lihat bagaimana tuan rumah menghancurkan pertahanan sang juara melalui serangan balik mereka dan seorang pemain yang bahkan tidak masuk starting line-up.

Chelsea sudah ketinggalan skor 2-1 pada akhir babak pertama, dengan Steven Naismith menjadi mimpi buruk bagi The Blues melalui dua golnya di menit 17 dan 22, namun Nemanja Matic berhasil memperkecil ketertinggalan di menit 36.

Jalannya Pertandingan Everton vs Chelsea Babak 1

Gol pertama terlihat luar biasa untuk Everton dan itu semua gara-gara Naismith.

Dia di tepi kotak penalti berhasil mengecoh pemain pengawalnya sebelum memberi Galloway di sebelah kiri yang kemudian membawa bola masuk.

Baik Zouma atau Terry tidak berusaha mengejar dia dan pemain berusia 28 tahun bebas untuk menanduk melewati kiper Asmir Begovic dengan tidak terjangkau!

Lima menit kemudian Steven Naismith kembali mencabik-cabik Chelsea.

Pemain No 14 itu dibiarkan memiliki terlalu banyak ruang di tepi kotak.

Ivanovic dan Zouma berdiri terlalu jauh sehingga ia mengambil kesempatan, menembak rendah ke sudut jauh.

Kiper Begovic seharusnya bisa bertindak lebih baik dengan itu.

Secara umum di lapangan Chelsea berusaha membalikkan keadaan dan membangun momentum. Tapi The Blues terlihat sangat rentan pada serangan balik dari tuan rumah.

Menit ke-29 nyaris saja Everton menambahkan gol ketiga.

Para pemain melepaskan satu serangan balik kilat lagi dan sekali lagi pemain lini tengah Chelsea ketinggalan. Bola dari Arouna Kone mendarat hanya beberapa centimeter dari depan kaki Romelu Lukaku.

Umpan itu memaksakan sang pemain Belgia melepaskan tembakan yang terlalu lebar.

Sebelumnya Chelsea sebenarnya memiliki satu bola mati yang bisa sangat berbahaya. Tapi mereka memilih untuk mengambil dengan cepat, kehilangan bola dan menemukan diri mereka ketinggalan di satu serangan balik lain dari tuan rumah.

Gol balasan dari Chelsea terjadi pada menit 36, hasil tembakan Matic dari jarak 30-an meter jauhnya.

Corak permainan telah berubah sejak Matic membalaskan satu gol dengan Chelsea mencari lebih banyak gol di babak berikutnya dan Everton tampaknya tak sabar menunggu saat turun minum.

Segala sesuatunya tampak suram bagi Jose Mourinho dan Chelsea sampai gol oleh Nemanja Matic itu mengurangi defisit.

Tapi mereka masih di pihak yang kalah di papan skor berkat gol ganda Steven Naismith ganda.

Pemain asal Skotlandia itu bahkan tidak masuk starting line-up, tapi menjadi pemain pengganti hanya sembilan menit pertandingan berjalan setelah Muhamed Besic terpaksa mundur dengan cedera otot hamstring-nya.

Everton tampil fantastis di 45 menit pertama dan, sementara Ross Barkley seharusnya bisa menutup Matic lebih cepat, pemain asal Serbia itu melepaskan sebuah tembakan yang tak mungkin dihentikan kiper Tim Howard.

Tapi tetap, sisi Mourinho saat akhir babak pertama ini masih dalam posisi menuju kekalahan ketiga Premier League ketiga dalam lima pertandingan pertama mereka.

Jalannya Pertandingan Everton vs Chelsea Babak 2 

Di awal babak kedua kondisi sudah cukup menakutkan. Kiper Begovic harus datang menyelamatkan satu bola yang terarah ke McCarthy, mencegahnya menerkam bola di sana.

Reaksi cepat dari kiper Chelsea itu boleh jadi menjadi awal mimpi buruk lainnya untuk babak kedua.

Menit ke-55 John Obi Mikel ditarik keluar, Kennedy masuk.

Di menit 60 seharusnya ada satu tendangan bebas tidak langsung untuk Everton. Romelu Lukaku menembak langsung kepada kiper Begovic. Bola lepas dari genggaman Begovic, mengalir ke kaki John Terry yang dalam tekanan Lukaku lalu mengumpan balik ke Begovic, ditangkap dengan tangan. Ini dinamakan backpass dan seharusnya dihukm dengan tendangan bebas tidak langsung. Tapi wasit sayangnya tidak melihat adegan itu.

Liga Inggris  - Hasil Everton vs Chelsea, Sabtu 12/9/2015

Sungguh beruntung Chelsea!

Jika di pertangan babak pertama tadi penguasaan bola masih kurang lebih seimbang maka di pertengahan babak kedua ini, sekitar 60% bola dikuasai tuan rumah.

Di babak kedua ini kedua belah pihak melakukan pergantian pemain tambahan. Pedro keluar digantikan Radamel Falcao, sementara Cesc Fabregas juga digantikan Willian.

Di kubu Everton Kone digantikan Aaron Lennon, Seamus Coleman ditarik keluar, Ramiro Funes Mori masuk.

Pada 10 menit terakhir laga Chelsea mengerahkan hampir semua pemainnya, mengurung pertahanan Everton di sepertiga akhir lapangan. Kita lihat usaha mereka mencetak satu atau dua gol lagi, apakah berhasil.

Di tengah-tengah upaya Chelsea mengurung Everton itu, justru tuan rumah menambahkan satu gol lagi menjadi 3-1! Lagi-lagi hasil Steven Naismith.

Sebuah hattrick untuk Steven Naismith dan kemungkinan besar sebuah tiga poin untuk Everton!

Ini adalah langkah besar dari Everton, dengan Ross Barkley tiga kali berhasil meneruskan umpan melewati tiga pemain Chelsea, sebelum menemukan Naismith yang menembak rendah dan keras di tiang dekat.

Begovic, sebagus apa ia, telah kebobolan sekitar tujuh gol dalam tiga game?

Jadi Chelsea hanya memiliki satu kemenangan dan tiga kekalahan dalam lima pertandingan – menjadikan start terburuk mereka dalam hampir 30 tahun.

Di luar itu, mereka sudah kebobolan lebih banyak gol, yakni 16 gol, di tujuh pertandingan terakhir Liga Premier mereka (5 laga musim ini dan dua laga musim lalu) dibandingkan 15 gol kebobolan di seluruh musim 2004-2005.

Steven Naismith adalah pemain pertama yang berhasil mencatatkan hattrick terhadap tim asuhan Jose Mourinho.

Skor akhir pertandingan 3-1 untuk Everton. Dengan hasil ini mereka berhasil naik ke posisi 3 klasemen dengan nilai 8, sementara Chelsea terpuruk di posisi 15 dengan nilai 4.

Susunan Pemain Everton vs Chelsea:

Everton: Howard, Coleman, Jagielka (c), Stones, Galloway, Barry, McCarthy, Besic, Barkley, Kone, Lukaku
Cadangan: Robles, Mirallas, Lennon, Naismith, Deulofeu, Osman, Funes Mori

Chelsea: Begovic, Ivanovic, Zouma, Terry, Azpilicueta, Matic, Mikel, Fabregas, Hazard, Pedro, Costa
Cadangan: Blackman, Cahill, Loftus-Cheek, Kenedy, Willian, Falcao, Remy