Hasil Everton vs Manchester United, 4 Desember 2016

Laporan selengkapnya hasil pertandingan Everton vs Manchester United yang berlangsung di Goodison Park pada Minggu malam WIB.

Liga Inggris  - Hasil Everton vs Manchester United, 4 Desember 2016

Laporan selengkapnya hasil pertandingan Everton vs Manchester United yang berlangsung di Goodison Park pada Minggu malam WIB.

Pertandingan langsung dimulai dengan tempo cepat dan kedua tim silih berganti melakukan serangan. Namun beda kedua tim tampak jelas. Manchester United berusaha menguasai bola atau mendominasi bola. Everton dengan sabar menunggu kesempatan serangan balik.

Dari segi itu terlihat jelas bahwa meski tim tamu mendominasi bola sampai lebih dari 62-63% sepanjang babak pertama, serangan balik kilat dari Everton tampak jauh lebih cepat dan lebih berbahaya. Sementara Setan Merah kelihatan lamban di sepertiga akhir lapangan, terutama ketika bola jatuh ke kaki Zlatan Ibrahimovic.

Namun pemain asal Swedia itu juga yang berhasil membawa skuad Jose Mourinho untuk unggul lebih dulu di menit 42 babak pertama. Ia mencongkel bola saat melihat kiper Maarten Stekelenburg maju ke arahnya sedikit di luar kota penalti. Bola hasil lob kaki Zlatan itu memantul di lapangan, memantul ke mistar, mantul lagi ke bawah, sebelum melayang miring melewati garis gawang. Wasit Michael Oliver segera menunjuk titik putih tanda itu gol yang sah. 0-1!

Pembicaraan menarik di babak pertama adalah apakah Marcos Rojo seharusnya mendapat kartu merah setelah melakukan tantangan dua kaki terhadap Idrissa Gueye di menit 14. Wasit hanya mengibaskan kartu kuning di bawah protes keras dari pemain The Blues.

Pada babak kedua dominasi bola tim tamu mulai menurun. Pada pertengahan periode kedua, misalnya, hanya bersisa 54% saja. Shots on target Manchester United masih tetap satu, yakni yang menjadi gol Zlatan di menit 42 tadi, sementara tuan rumah sudah bangkit dan berhasil mencatatkan tiga tembakan tepat ke arah gawang.

Ketiga tembakan on target itu dilakukan Everton di menit 54, 76 dan 78. Yang pertama dilakukan Kevin Mirallas melepaskan tembakan usai melewati Marcos Rojo. Untung masih bisa ditepis kiper David De Gea melewati mistar gawang.

Setan Merah melakukan beberapa aksi mendebarkan mereka sendiri. Salah satunya menit 60 ketika tembakan Mkhitaryan diblok namun bola jatuh ke depan Ander Herrera, yang kemudian melepaskan tembakan dan membentur tiang sebelah kiri. Sayang sekali! Seharusnya sudah gol.

PENALTI!!! Sebuah kesalahan bodoh oleh Marouane Fellaini, yang baru saja masuk di menit 85 sebagai pemain pengganti, menerjang Gueye di dalam kotak penalti. Ia pun terkena kartu kuning karena memperlihatkan ketidaksukaan pada wasit. Sesaat kemudian giliran kiper David De Gea yang terkena kartu kuning karena menunda-nunda.

Leighton Baines kemudian maju dan mengirim bola ke sudut kiri bawah, tak terjangkau kiper Manchester United. GOL! 1-1! 

Setelah dua menit tambahan injury time, pertandingan di Goodison Park berakhir dengan skor akhir 1-1. Tidak ada penambahan gol.

Skor Akhir Everton vs Manchester United 1-1 (FULL TIME)

Gol : Zlatan 42′, Baines 89′ (pen)

Susunan Pemain Everton vs Manchester United :

Everton: Stekelenburg; Coleman, Funes Mori, Williams, Baines, Gueye, Barry, Mirallas, Cleverley, Bolasie, Lukaku
Cadangan: Robles, Jagielka, Deulofeu, Barkley, McCarthy, E Valencia, Holgate

Manchester United: De Gea; A Valencia, Jones, Rojo, Darmian, Carrick, Herrera, Mkhitaryan, Pogba, Martial, Ibrahimovic
Cadangan: Bailly, Mata, Lingard, Blind, Rashford, Romero, Fellaini