Hasil Liverpool vs Manchester City Final Piala Liga 28/02/2016

  • Hasil Liverpool vs Manchester City — Final Piala Liga berlangsung Minggu malam WIB di Stadion Wembley London yang riuh rendah oleh suara dukungan kedua kubu. Liverpool lebih difavoritkan menang tapi dalam kenyataannya Manchester City sedikit lebih unggul. Cek laporan selengkapnya ….

Hasil Liverpool vs Manchester City — Final Piala Liga berlangsung Minggu malam WIB di Stadion Wembley London yang riuh rendah oleh suara dukungan kedua kubu. Liverpool lebih difavoritkan menang tapi dalam kenyataannya Manchester City sedikit lebih unggul. Cek laporan selengkapnya ….

Babak pertama pertandingan Liverpool vs Manchester City sudah dimulai, dan tim merah segera mengejutkan kiper tim biru dengan satu serangan dari Alberto Moreno, yang mendapat umpan dari Daniel Sturridge, nyaris membuahkan gol. Untunglah kiper Willy Caballero sigap menangkap bola.

Sekedar mengingatkan, dari delapan kali kesempatan Liverpool meraih Piala Liga dalam sejarah, hanya dua kali yang tanpa extra time atau tanpa penalti. Salah satunya tahun 1995 saat menghadapi Bolton Wanderers. Sisanya selalu harus menjalani extra time atau penalti. Jadi bersiaplah menghadapi laga yang panjang malam hari ini.

Menit 18 komedi nih. Mamadou Sakho dan Emre Can berbenturan kepala ketika hendak mengambil satu bola tinggi dan tampaknya terjadi kesalahpahaman di antara keduanya. Manajer Juergen Klopp tidak akan ingin melihat dua pemainnya harus diganti seawal ini. Dia harus menyiapkan diri untuk pertandingan 120 menit atau lebih, mengingat tradisi The Reds selama ini menyelesaikan laga-laga final melalui perpanjangan waktu. Di antara keduanya Sakhor kelihatan lebih terguncang.

NYARIIIIS!! Aguero menembak tapi bola yang tidak bisa ditahan Mignolet hanya menghantam tiang gawang. Setelah itu Sakhor terpaksa ditarik keluar setelah dampak hantaman tadi masih terasa. Kolo Toure masuk ke lapangan. Ia berhadapan dengan saudaranya sendiri, Yaya Toure. Sementara itu Sakho kelihatan sangat terpukul diganti begitu cepat. Ia melemparkan botol minuman dan menangis di bangku cadangan.

Sebelum itu Raheem Sterling mendapatkan satu tendangan bebas di daerah pertahanan Liverpool, tapi The Reds berhasil menghandel bola dengan baik. Liverpool kelihatan sudah mampu menangani bola-bola mati jauh lebih baik daripada setengah musim lalu di mana mereka hampir selalu kebobolan gol dari kesempatan semacam itu.

Kedua tim kelihatan sangat, sangat seimbang. Namun Citizens kelihatan sedikit lebih baik dalam bertahan dibandingkan The Reds. Peluang terbaik sejauh ini adalah melalui Aguero di menit 23 tadi ketika satu tembakan Aguero menghantam tiang gawang.

Satu peluang berbahaya bagi Manchester City di depan gawang Liverpool dengan tiga serangan beruntun. Namun seluruhnya berhasil dibersihkan pemain belakang The Reds. Semenit sebelumnya, Liverpool minta penalti saat Moreno dijatuhkan di dalam kotak penalti, tapi wasit Michael Oliver menyatakan tidak dan satu serangan balik kilat segera melihat Raheem Sterling membawa bola di sayap kiri. Namun tembakannya menghantam David Silva dan berujung tendangan gawang.

Satu tendangan bebas berbahaya menit 41 tapi tidak berakhir dengan sesuatu. Dan Nicolas Otamendi kelihatan diving di dalam kotak penalti. Sungguh beruntung dia tidak terkena kartu kuning di sana.

Setiap kali turun bertahan, Manchester City mengerangkan sampai 10 pemain outfield di sekitar kotak penalti. Mereka serius dalam bertahan. Tahu bahwa final kompetisi piala soal siapa yang bisa bertahan sampai akhir. Sampai akhir babak pertama skor bertahan 0-0.

Babak kedua dimulai dengan gol untuk Manchester City. Menit 49, Sergio Aguero menerima bola di sisi kanan kotak penalti. Ia menunggu sejenak, beberapa detik malah, sebelum sokongan datang dari Fernandinho yang berlari di sisi kanannya, melepaskan tendangan langsung ke gawang dan bola lolos antara kaki dan lengan Mignolet. Sebuah keselahan elementer dari sang kiper Belgia. Skor 0-1 saat ini untuk Manchester City. Tak jelas apakah Liverpool akan berhasil membalaskannya.

Jika itu akhirnya menjadi satu-satunya gol pada pertandingan final ini maka Simon Mignolet harus siap-siap menerima kritik keras dari para penggemar. Dia seharusnya bisa menghentikan bola semacam itu dari sudut sempit tersebut.

Menit 56 Liverpool nyaris menyamakan kedudukan ketika James Milner lolos ke sisi gawang, hasil umpan Daniel Sturridge. Sayang tembakannya masih bisa diblok pemain City yang melakukan sliding untuk menyelamatkan bola. Sesaat kemudian giliran mereka menusuk dari sisi kanan, tapi sekali lagi bola berhasil dibersihkan. Entah mengapa City membiarkan diri mereka berada dalam tekanan.

RAHEEEM STERLING nyaris saja!! Menerima bola dari David Silva di sisi kanan, Sterling di depan gawang yang kosong gagal menceploskan bola. Gawang Liverpool masih selamat dari kebobolan lebih banyak. Skor masih 0-1. Jika Sterling mencetak gol tadi, makin benci saja fans Liverpool terhadapnya.

SELAMAT!! Liverpool selamat dari hukuman penalti setelah Alberto Moreno menjatuhkan Sergio Aguero di dalam kotak penalti. Tapi wasit Michael Olivier kelihatan tidak mau menjatuhkan hukuman yang praktis akan mengakhiri pertandingan ini, atau ia melihat gerakan Aguero lebih mirip diving dengan gerakan kaki yang tertunda. Apa pun itu, ini merupakan penjagaan yang ceroboh dari Moreno. Beruntung wasit tidak menjatuhkan penalti,

http://gty.im/512851004

NYARIIIIS!! Menit 70 Aguero menembak keras, masih bisa ditahan Mignolet di sisi kiri gawang meski terlepas sedikit. Sesaat sebelumnya, David Silva melepaskan tembakan tapi masih tipis di atas mistar gawang Mignolet. Sisa waktu kurang dari 20 menit jika Liverpool hendak berbuat sesuatu atau menyelamatkan final mereka ini, yang merupakan peluang terdekat bagi The Reds merebut trofi.

PELUANG bagi Liverpool dibuang percuma dengan bola jatuh ke Milner di sisi kiri. Tapi bukannya mencoba menembak langsung, wakil kapten The Reds itu malah menyerahkan bola ke tengah kotak penalti, yang kemudian dibersihkan. Setelah itu satu peluang lagi bagi Manchester City setelah Sterling menerima bola dari kanan dan menembak namun meleset tipis di sisi kiri gawang Mignolet. Sudah menit 80.

Satu tendangan bebas bagi Liverpool di luar kotak penalti tidak berujung apa-apa dengan bola diselamatkan Willy Caballero. Dibandingkan Mignolet, Caballero lebih sedikit kerjanya malam ini, hasil dari penjagaan yang lebih baik di lini belakang City.

GOOOOOL. Dua tembakan susul menyusul. Berawal dari umpan silang dari Daniel Sturridge di sisi kanan ke arah kiri, disambut satu tembakan Adam Lallana mengenai tiang gawang. Bola liar ke tengah disambar oleh Philippe Coutinho. GOOOOL! 1-1.

Sembari lalu, sudah empat pemain Liverpool terkena kartu kuning, dengan yang terakhir adalah Emre Can setelah menjatuhkan Gael Clichy. Sebelumnya Coutinho juga terkena kuning setelah mencopot jerseynya saat merayakan gol.

YAYA TOURE!!! Sundulannya atas tendangan sudut Raheem Sterling mengarah ke dasar gawang nyaris mengubah skor sebelum ditahan oleh kiper Mignolet. Tendangannya berikutnya hanya memantul keluar. Belum mengubah skor.

Babak kedua berakhir. Nah, benar juga kan. Akhirnya perpanjangan waktu. Sudah ditebak sejak awal. Babak perpanjangan dimulai dengan dominasi Liverpool, tapi sebagaimana di bagian-bagian awal pertandingan, serangan-serangan Manchester City terasa lebih berbahaya.

AGUERRRO! Berbahaya di menit 105. Sudah tinggal berhadapan satu-lawan-satu dengan Mignolet, tendangannya masih bisa ditepis kiper Belgia itu, hanya menghasilkan tendangan sudut. Dan PRRRRIIT! Akhir babak pertama dari extra time.

ORIGIII! Nyaris saja mencetak gol untuk Liverpool setelah tandukannya dari hasil umpan lambung Milner diblok kiper Caballero. Setelah itu Nicolas Otamendi terkena kartu kuning setelah menjatuhkan satu pemain Liverpool di dekat kotak penalti. STURRIDGE yang mengambil tendangan bebas itu menembak langsung ke arah Caballero. Setelah itu satu peluang di ujung lain lapangan dengan Aguero merentangkan kakinya menyambar satu umpan tapi melayang di atas mistar.

NYARISS BERKELAHI saudara-saudara. Yaya Toure dan Adam Lallana. Bermula dari Lallana mencuri bola dari Wilfried Bony, diikuti dengan satu bola berikutnya dari kaki Toure. Pemain Pantai Gading itu kemudian membanting tubuh Adam Lallana serta sesaat kemudian nyaris berubah menjadi adu banting ala judo. Pertandingan berubah sangat panas saat ini dengan kedua tim berusaha mencuri satu gol sebelum adu penalti di akhir extra time.

PRRRRIT! Nah, kini sekarang mereka harus adu penalti.

Emre CAN Gooool! 1-0. Panenka ke tengah.

Fernandinho GAGAL! Tetap 1-0.

Lucas GAGAL! Tetap 1-0.

Jesus Navas GOOOL! 1-1. Mignolet menebak secara tepat tapi kurang cepat.

Philippe Coutinho GAGAL! 1-1. Ragu-ragu menembak, diblok oleh Caballero.

Sergio Aguero GOOOOL! 1-2. Ke arah kanan, cepat dan tidak bisa dihentikan Mignolet.

Adam Lallana GAGAAL LAGI! Masih 1-2 untuk Manchester City. Ke arah kiri dan ditebak secara tepat oleh kiper Caballero.

Yaya Toure GOOOOL! 1-3. Dengan demikian Manchester City memastikan diri juara Piala Capital One Cup musim ini mengalahkan Liverpool.

Skor Akhir Liverpool vs Manchester City 1-1 (adu penalti 1-3!). 

Starting XI Liverpool vs Manchester City:

Liverpool XI : Mignolet, Clyne, Lucas, Sakho, Moreno, Henderson, Can, Milner, Coutinho, Firmino, Sturridge
Cadangan: Bogdan, Toure, Benteke, Lallana, Allen, Origi, Flanagan

Manchester City XI: Caballero, Sagna, Kompany (C), Otamendi, Clichy, Fernando, Fernandinho, Toure, Silva, Sterling, Aguero
Cadangan: Hart, Kolarov, Zabaleta, Demichelis, Navas, Iheanacho, Bony

Hasil dan Skor Akhir Liverpool vs Manchester City 1-1 (adu penalti 1-3!).