Inggris vs Italia: Tujuh duel bersejarah

42

Sepanjang sejarah, Inggris dan Italia sudah 22 kali bertemu, baik di turnamen resmi maupun laga persahabatan. Italia lebih banyak menang, yakni sembilan kali, dan Inggris tujuh kali. Sedangkan enam pertemuan lainnya berakhir imbang. Kemenangan Italia termasuk di laga-laga turnamen besar, seperti di Euro 1980 dan Piala Dunia 1990. Namun, dalam tiga kali pertemuan di tempat […]

Sepanjang sejarah, Inggris dan Italia sudah 22 kali bertemu, baik di turnamen resmi maupun laga persahabatan. Italia lebih banyak menang, yakni sembilan kali, dan Inggris tujuh kali. Sedangkan enam pertemuan lainnya berakhir imbang. Kemenangan Italia termasuk di laga-laga turnamen besar, seperti di Euro 1980 dan Piala Dunia 1990. Namun, dalam tiga kali pertemuan di tempat netral, Inggris berhasil dua kali menundukkan Italia.

Dari 22 pertemuan sepanjang sejarah tadi, ada tujuh pertemuan Inggris versus Italia yang dinilai paling bersejarah. Ke tujuh pertemuan adalah seperti yang dikutip dari Goal.com berikut ini:

ITALIA 0-4 INGGRIS (Laga persahabatan)
Laga ini digelar 16 Mei 1948 ini untuk menandai peringatan 50 tahun berdirinya federasi sepakbola Italia (FIGC). Inggris yang diperkuat kuintet pemain menyerang andalan, yaitu Stanley Matthews, Stan Mortensen, Tommy Lawton, Wilf Mannion, dan Tom Finney, berhasil membungkam penonton 50 ribu penonton yang memenuhi stadion Comunale, Turin dengan skor telak 4-0. Gol Inggris dicetak Mortensen, Lawton dan Finney (dua gol).

ITALIA 2-0 INGGRIS (Kualifikasi Piala Dunia 1978, Roma, 17 November 1976)
Kedua tim berada satu grup bersama Finlandia dan Luksemburg pada kualifikasi Piala Dunia 1978 Argentina. Italia yang ditangani Enzo Bearzot, mengalahkan pasukan Inggris yang dilatih Don Revie 2-0, lewat tendangan bebas Giancarlo Antognoni dan sundulan Roberto Bettega. Pada laga leg kedua, Inggris berhasil membalas dengan skor 2-0 lewat gol Kevin Keegan dan Trevor Brooking.

ITALIA 1-0 INGGRIS (Euro 1980, 15 Juni 1980)
Dengan materi yang tak jauh berbeda saat bertemu di kualifikasi Piala Dunia 1978, kedua tim kembali saling berhadapan di babak penyisihan grup Euro 1980. Inggris diperkuat para pemain Liverpool dan Nottingham Forest yang sukses di Piala Champions, tapi mereka tampil mengecewakan. Inggris kalah 0-1 oleh gol tunggal Marco Tardelli.

ITALIA 2-1 INGGRIS (Piala Dunia 1990, Bari, 7 Juli 1990)
Tuan rumah Italia mengalahkan Inggris 2-1 dalam pertandingan perebutan posisi ketiga. Kesalahan Peter Shilton, pada penampilan terakhirnya bersama Inggris, dimanfaatkan Roberto Baggio untuk membuka keunggulan. Inggris menyamakan kedudukan melalui sundulan David Platt, tetapi eksekusi penalti Salvatore Schillachi sukses menentukan kemenangan Italia.

INGGRIS 0-1 ITALIA (Kualifikasi Piala Dunia 1998, Wembley, 12 Februari 1997)
Gianfranco Zola memberikan Italia kemenangan pada laga kualifikasi Piala Dunia 1998 sekaligus kekalahan pertama yang diderita Glenn Hoddle sejak berkiprah sebagai manajer timnas Inggris. Gol Zola tercipta sembilan menit pertandingan berjalan. Meski kalah, Inggris tetap lolos otomatis sebagai juara grup, sedangkan Italia yang diasuh pelatih Cesare Maldini harus menempuh play-off untuk lolos ke Piala Dunia.

INGGRIS 2-0 ITALIA (Tournoi de France, Nantes, 4 Juni 1997)
Ini merupakan turnamen pemanasan menjelang Piala Dunia 1998 yang juga diikuti tuan rumah Prancis dan Brasil. Duel Inggris versus Italia terjadi pada laga pertama. Inggris meraih kemenangan berkat gol Ian Wright dan Paul Scholes. Inggris berhasil menjuarai turnamen ini, yang merupakan sukses pertama mereka, dan satu-satunya, setelah Piala Dunia 1966.

INGGRIS 1-2 ITALIA (Persahabatan, Leeds, 27 Maret 2002)
Laga ujicoba ini menjadi persiapan Inggris dan Italia menjelang Piala Dunia di Jepang dan Korea Selatan. Inggris tampil mengecewakan. Tanpa diperkuat Steven Gerrard dan Paul Scholes, Inggris sempat unggul lebih dulu melalui gol Robbie Fowler pada menit ke 63. Namun, Italia berhasil membalikkan keadaan lewat dua gol Vincenzo Montella di menit ke 67 dan penalti di menit ke 90.

SENIN (25/6) dinihari WIB nanti kedua tim akan berduel di babak perempatfinal Piala Eropa 2012. Pertandingan ini berlangsung di tempat netral, Olympic Stadium, Kiev.

Ingat! Inggris menang dua kali dalam tiga pertemuan dengan Italia di tempat netral. Apakah tempat netral di Kiev kembali mendatangkan berkah bagi Inggris?

Sumber: Goal.com