Inggris vs Ukraina: Inggris tak cari aman

Inggris hanya butuh hasil imbang untuk memastikan diri ke babak perempat final Piala Eropa 2012. Namun, pelatih Roy Hogdson memastikan timnya tak akan bermain aman untuk mengejar hasil imbang dalam laga terakhir Grup D melawan Ukraina, Rabu (20/6) dinihari WIB nanti. Menurut dia, bermain aman dengan cara bertahan, sangat berbahaya jika dilakukan. Karena jika lawan […]

Inggris hanya butuh hasil imbang untuk memastikan diri ke babak perempat final Piala Eropa 2012. Namun, pelatih Roy Hogdson memastikan timnya tak akan bermain aman untuk mengejar hasil imbang dalam laga terakhir Grup D melawan Ukraina, Rabu (20/6) dinihari WIB nanti.

Menurut dia, bermain aman dengan cara bertahan, sangat berbahaya jika dilakukan. Karena jika lawan berhasil mencuri gol, hilanglah peluang untuk lolos. Dia mengambil contoh, Rusia yang tampil perkasa di laga pertama Piala Eropa 2012 dan diprediksikan lolos ke perempat final, harus tersingkir setelah dipukul Yunani di laga terakhir Grup A.

“Kekalahan 0-1 Rusia atas Yunani adalah sebuah peringatan dini  bagi kami,” kata Hodgson. “Benar bahwa kami hanya butuh hasil imbang untuk lolos. Tapi, terlalu naif bila kami akan bermain aman untuk mengamankan hasil imbang.”

“Dalam situasi seperti ini Anda bisa saja berpikir untuk bermain bertahan; mundur jauh ke belakang, tak mengambil inisiatif penyerangan, mengundang lawan masuk ke kotak penalti dan bergantung pada hasil pertandingan. Tapi ingat, begitu lawan berhasil mencetak gol di menit-menit akhir, maka Anda akan terdepak,” tambahnya.

Klasemen sementara Grup D:
1 Prancis      2      1      1      0      3-1      4
2 Inggris     2     1     1     0     4-3     4
3 Ukraina     2     1     0     1     2-3     3
4 Swedia     2     0     0     2     3-5     0