Jelang Derby Manchester: Van Gaal Andalkan Giggs

9

Memenangi partai derby tidak cukup hanya mengandalkan taktik dan kualitas teknik pemain. Yang tak kalah pentingnya, bahkan mungkin menjadi faktor kunci penentu kemenangan adalah pelibatan emosi dalam mengarungi partai tersebut.

Liga Inggris  - Jelang Derby Manchester: Van Gaal Andalkan Giggs

Memenangi partai derby tidak cukup hanya mengandalkan taktik dan kualitas teknik pemain. Yang tak kalah pentingnya, bahkan mungkin menjadi faktor kunci penentu kemenangan, adalah pelibatan emosi dalam mengarungi partai tersebut.

Pentingnya faktor emosi tersebut disadari betul oleh manajer Manchester United Louis van Gaal yang akan memimpin pasukannya bertandang ke Etihad Stadium melawan seteru sekota, Manchester City, Minggu (2/11). Sebagai orang baru Van Gaal tentu tidak begitu merasakan bagaimana “mendidihnya” darah semangat para pemain MU menghadapi pertandingan ini.

Tentu hanya mereka yang sudah lama terlibat dalam laga derby itu yang benar-benar merasakan bagaimana kerasnya aroma persaingan itu. Nah, untuk memacu semangat dan menguatkan mental para pemainnya, Van Gaal meminta nasehat khusus dari asistennya, Ryan Giggs. Giggs diketahui sudah sangat paham situasi dan kondisi pertandingan melawan City. Dan selama ini dia memang ditugaskan khusus oleh Van Gaal untuk menganalisis kekuatan tim lawan.

“Derby ini merupakan satu dari 38 pertandingan yang harus kami mainkan, tapi buat para suporter partai ini sedemikian besar karena rivalitasnya. Saya merasa begitu, juga dengan banyak pemain di skuat, tapi khususnya dengan Ryan Giggs. Ketika ia mempresentasikan analisis soal City, saya merasa ada emosi tertentu darinya. Bagus melihatnya,” kata Van Gaal di situs resmi MU.

“Ryan tahu betul bagaimana rivalitas itu karena ia punya pengalaman sebagai pemain dan kini sebagai asisten manajer. Kami tak perlu melebih-lebihkan perasaan itu karena dalam sepakbola, Anda harus memainkan pertandingannya, bukan cuma dengan emosi tapi juga dengan taktik. Itulah yang kami lakukan, begitulah persiapan kami. Ryan sudah mentransfer ide mengenai emosi dan saya mentransfer ide bagaimana kami mesti bermain,” tambahnya.