Jose Mourinho: ‘Apapun Kata Saya, Pemain Harus Ikut’

 

Jose Mourinho sangat yakin bahwa salah satu kunci sukses sebuah tim adalah punya para pemain yang selalu siap menuruti apapun permintaan dari manajer mereka. Apapun kata dirinya, pemain harus ikut.

Pelatih Chelsea yang nyentrik tersebut juga memberikan sedikit peringatan bahwa ia tidak akan segan-segan memberi ganjaran bagi mereka yang mempertanyakan metode atau caranya melatih.

“Bagi saya, kepemimpinan dan pemimpin adalah sesuatu yang lebih dari sekedar kualitas dan kompetensi, serta status. Bagi saya, pemimpin adalah seseorang yang berkata ‘Ayo pergi’ dan semua orang pergi. Dan mereka yang mengikuti anda, tidak berpikir dua kali,” tutur Mourinho sesuai rilis Daily Star.

“Jadi, mengenai situasi yang tengah saya alami, ketika saya meminta pemain untuk menjalankan satu taktik tertentu, saya ingin mereka bermain seperti itu. Tidak ada pertanyaan mengenai mengapa, atau ‘apakah ia benar’ atau ‘apakah ia salah’. Jika saya berkata seperti itu, maka jadilah seperti itu,” pungkasnya mantap.

Mourinho belum lama ini memang banyak mendapat kritik terkait pola permainan ultra defensif yang ia terapkan di The Blues. Tidak ada yang tahu apa taktik ini akan segera ia rubah atau tidak sama sekali.