Jose Mourinho Diklaim Masa Kejayaannya Sudah Lewat

15

Eamon Dunphy klaim Jose Mourinho saat ini bukanlah sosok pelatih yang pernah dikenal orang sebagai salah satu pelatih terbaik di dunia.

Liga Inggris  - Jose Mourinho Diklaim Masa Kejayaannya Sudah Lewat

Liga Inggris  - Jose Mourinho Diklaim Masa Kejayaannya Sudah Lewat

 

Eamon Dunphy klaim Jose Mourinho saat ini bukanlah sosok pelatih yang pernah dikenal orang sebagai salah satu pelatih terbaik di dunia.

Siapa yang bisa meragukan kesuksesan sosok pelatih sekaliber Jose Mourinho. Berbagai gelar juara di beberapa klub berbeda pernah diraihnya, seperti saat menjadi pelatih Porto, Inter Milan, Real Madrid, dan Chelsea. Namun, sejak dipecat oleh Chelsea pada akhir tahun lalu, Jose Mourinho masih terlihat kesulitan untuk mengembalikan statusnya sebagai salah satu pelatih terbaik.

Pelatih berusia 53 tahun itu saat ini menjabat sebagai pelatih Manchester United, namun ia gagal memenuhi ekspektasi publik Old Trafford. United saat ini hanya menempati peringkat 6 klasemen sementara Liga Inggris dengan selisih 13 poin dari Chelsea di puncak klasemen.

Mantan pemain mudah United yang juga sebagai pundit sepakbola, Eamon Dunphy, percaya bahwa masa Jose Mourinho sebagai salah satu pelatih terbaik telah lewat, dan ia kini tidak lebih dari bayang-bayang sosok dirinya sendiri di masa lalu.

“Saat ini kita mungkin sedang melihat seorang pelatih yang masanya telah berlalu,” ujar Dunphy kepada 2fm Game On.

“Dia tidak terlihat seperti orang yang sama dalam 18 bulan terakhir. Dia sudah menjadi seperti sebuah bayangan dari dirinya sendiri. Anda bisa melihat hal itu di wajah dan bahasa tubuhnya. Dia berjalan masuk ke sebuah klub yang di mana mereka tidak memiliki para pemain untuk menantang gelar juara liga dan saya bahkan tidak berpikir mereka bisa bersaing memperebutkan posisi empat besar.”

“Kita saat ini sedang melihat sebuah klub yang memiliki jalan panjang yang mengerikan untuk mengembalikan kejayaan mereka sebagai tim yang selalu bersaing memperebutkan gelar juara dan juga lolos ke Liga Champions, terkadang mereka bisa memenangkannya atau hanya sampai di partai final. Mereka saat ini berada satu juta mil jauhnya dari pada saat itu.”

Selain mempertanyakan sosok Jose Mourinho, Dunphy juga merasa ada beberapa pemain yang dinilainya sebagai pemain biasa saja di dalam tim. Pundit berusia 71 tahun itu juga tidak memungkiri bahwa skuad yang ada di United saat ini bukanlah kesalahan dari Mourinho melainkan apa yang ia warisi dari pelatih sebelumnya.

“Ada beberapa pemain yang sangat biasa saja namun bermain untuk Manchester United dan dia harus mencoba untuk melakukan sesuatu dengan mereka. Anda melihat [Marcos] Rojo bermain [sebagai bek tengah] di pertandingan terakhir.”

“Selain itu, total pengeluaran mereka untuk [Anthony] Martial sebelumnya £ 35 juta dan beberapa biaya tambahan bisa membuat pengeluaran tersebut membengkak hingga £ 61 juta. Bagi saya dia bukanlah seorang pemain yang benar-benar pantas dihargai sebesar itu. Dia hanya mencetak beberapa gol dan setiap kali ia mencetak gol itu membuat United harus membayar jutaan. Itu merupakan hal yang gila.”

“Mourinho hanya menjadi pewaris dari semua itu. Dia bukanlah orang yang bertanggung jawab namun dia tidak bisa memperbaiki hal itu dengan sikap dan perilaku yang diperlihatkannya serta kritikannya terhadap pemain.”