Nwankwo Kanu bisa bermain satu musim lagi di Fratton Park, setelah mencetak gol yang berhasil membawa Portsmouth melaju ke final Piala FA untuk kali pertamanya dalam 69 tahun terakhir.

Striker asal Nigeria itu mencetak satu-satunya gol dalam laga tersebut di menit ke-54, dan itu cukup bagi The Pompey -satu-satunya tim Liga Premier yang tersisa di kompetisi ini- untuk memenangi laga semifinal melawan bekas klubnya, West Bromwich Albion di Stadion Wembley.

Alhasil, Kanu dielu-elukan sebagai pahlawan setelah membawa tim asuhan Harry Redknapp itu meraih kemenangan tepat di hari ulang tahunnya yang ke-110 tahun. Gol ini juga menjadi gol ke enam Kanu dalam musim ini di Portsmouth.

“Dia mendapat tambahan kontrak setahun lagi, setelah bermain dalam 25 laga bersama Portsmouth, dan golnya hari ini menguatkan saya untuk memberikan dia jaminan perpanjangan kontrak tersebut,” ujar Redknapp.

“Itu gol yang mudah. Saya tentu saja mengucapkan maaf pada bekas tim saya, West Brom, tapi saya pikir kami harus menang sekarang. Jika tidak, kami akan mengecewakan para pendukung kami,” tambah Kanu, yang juga pemain timnas Nigeria itu.

Tapi, Kanu yang bergabung dengan The Pompey dengan transfer bebas dari West Brom dua tahun lalu, itu setuju kalau West Brom yang berjulukan The Baggies itu cukup mendominasi jalannya pertandingan.

Kanu memulai debutnya di Pompey sebagai pemain pengganti, saat tim itu berhadapan dengan Blackburn Rovers pada 19 Agustus 2006 -hari pertama di musim 2006/2007.

Meski prestasinya sempat menurun di musim itu, Kanu tetap menjadi pencetak gol tersubur di Pompey. Dia mencetak 12 gol dalam 38 laga, dan memberikan tiga assist cantik bagi sesama rekannya di tim tersebut. (cha)

BAGIKAN