Kebangkitan Ex Kiper MU Panen Pujian

Pelatih Middlesbrough, Aitor Karanka, memuji penampilan Victor Valdes di bawah mistar gawang dan mengatakan bahwa ia masih memiliki pengaruh yang besar bagi tim. Penampilan gemilang Valdes di bawah mistar gawang mambantu Boro menahan imbang tuan rumah Manchester City dengan skor 1-1 Sabtu (5/11) malam kemarin. Karanka secara khusus memuji penampilan Victor Valdes dalam mengawal gawang […]

Victor Valdes

Victor Valdes

Pelatih Middlesbrough, Aitor Karanka, memuji penampilan Victor Valdes di bawah mistar gawang dan mengatakan bahwa ia masih memiliki pengaruh yang besar bagi tim.

Penampilan gemilang Valdes di bawah mistar gawang mambantu Boro menahan imbang tuan rumah Manchester City dengan skor 1-1 Sabtu (5/11) malam kemarin. Karanka secara khusus memuji penampilan Victor Valdes dalam mengawal gawang Middlesbrough.

Gawang Valdes sempat robek terlebih dahulu melalui sepakan dari Sergio Aguero. Valdes berhasil mencegah pasukan Pep Guardiola itu menambah gol mereka sebelum akhirnya Middlesbrough berhasil menyamakan kedudukan di menit akhir pertandingan melalui sundulan dari Marten De Roon.

Valdes merupakan salah satu kiper terbaik di dunia saat masih bermain bersama Barcelona. Berada di klub asal Catalan tersebut sejak masih kecil, Valdes tumbuh menjadi salah satu penjaga gawang terbaik Barcelona.

Ia telah menyumbang berbagai gelar bagi Barcelona, seperti 3 gelar Liga Champions, 6 gelar Liga Spanyol, serta masih banyak gelar lainnya. Di level negara, Valdes juga turut menjadi bagian dari timnas Spanyol saat meraih gelar juara Piala Dunia tahun 2010, serta Piala Eropa tahun 2012.

Sayangnya cedera yang yang menimpa dirinya pada bulan Maret tahun 2014 telah mengakhiri karirnya di Barcelona serta memupus harapannya tampil di Piala Dunia 2014. Ia sempat berlabuh di Manchester United, tapi dia tak diberi kesempatan untuk unjuk kebolehan oleh Louis van Gaal.

Kini Valdes seolah telah menemukan kembali karirnya bersama Middlesbrough di Liga Inggris. Ia menjadi pilihan utama Aitor Karanka di bawah mistar gawang Middlesbrough. Karanka sendiri mengakui bahwa Valdes masih merupakan seorang kiper yang hebat dan memiliki pengaruh baik di dalam maupun di luar lapangan.

“Dia benar-benar seorang pemain penting dan saya sangat senang untuknya karena di pertandingan pertamanya tidak begitu bagus dan sebagai seorang kiper anda membutuhkan kepercayaan diri yang tinggi,” ujar pelatih berusia 43 tahun itu.

“Saya mencoba untuk memberikan semua kepercayaan diri saya kepadanya dan dia memperlihatkan kepada kita seberapa bagus dirinya.

“Saya mengatakan kepadanya dua atau tiga minggu yang lalu, bahwa dia di sini bukan hanya karena dia seorang penjaga gawang yang luar biasa namun juga karena dia juga merupakan seorang pemimpin di ruang ganti. Dia adalah seorang pemain yang berpengalaman dan saya selalu katakan bahwa ia akan memberikan banyak bantuan pada kami. Hari ini dia telah melakukan tiga penyelamatan gemilang (melawan Manchester City). Itu sama seperti saat melawan Arsenal dan Bournemouth minggu lalu.”

Karanka menambahkan : “Itu bukan merupakan tekanan baginya bahwa ketika saya mendatangkannya, saya katakan padanya bahwa dia bukan merupakan kiper yang sama seperti ia saat masih berada di Barcelona. Karena jika ia masih berada di level seperti itu, maka dia tidak mungkin berada di sini. Dia bersama kami karena dia memiliki masalah di masa lalu. Namun hal yang utama bagi saya adalah tetap membuatnya bahagia, karena dia merupakan kiper yang luar biasa di atas lapangan dan merupakan seorang pemain penting bagi kami di ruang ganti.”

Sepakbola.cc