Berita Bola - Kenapa Ada Tulisan "OON" di Belakang Nama Van Gaal? -

 

 

Manchester United baru saja memastikan penunjukan Louis van Gaal sebagai pelatih baru, menggantikan David Moyes yang dipecat bulan lalu.

Nah, kalau kita baca berita-berita tentang van Gaal di media internasional, ada tulisan “OON” di belakang namanya. Apa artinya?

Tentu maksudnya bukan “oon” dalam bahasa Indonesia. “OON” ini adalah singkatan dari Order of Orange-Nassau, salah satu jenis bintang jasa di Belanda yang diberikan kepada individu-individu dengan sumbangan besar bagi masyarakat. Mirip dengan gelar ksatria “Sir” yang diterima Alex Ferguson, pelatih legendaris MU. Van Gaal menerimanya tahun 1997, sesudah mengakhiri kontrak dengan Ajax Amsterdam (Belanda) sejak tahun 1991 sampai 1997.

Prestasi luar biasa diraih van Gaal saat itu dengan membawa Ajax merajalela bukan saja di Liga Belanda, tapi juga di level Eropa dan piala Intercontinental Cup. Saking besarnya pengaruh Ajax, sampai-sampai timnas Belanda pun kala itu didominasi pemain asal Ajax.

BACA JUGA  El Clasico dan Derby Manchester di Tanah Amerika

Setelah 1997, ia sempat melatih Barcelona selama 3 tahun, kemudian timnas Belanda 2000-2002, kembali ke Barcelona 2002-2003, Ajax setahun di 2004 saja karena konflik di dalam, di klub AZ, Bayern Munich, sebelum kembali lagi ke timnas Belanda sejak 2012.

Secara taktik, van Gaal senang memainkan pola 3-5-2, yang riilnya sebenarnya 3-4-1-2, seperti yang dimainkannya melawan tim Ekuador kemarin. Meski berakhir 1-1 saja, namun kapten Robin van Persie mendukung penuh taktik yang dimainkan pelatih.

Van Gaal juga dikenal sebagai berkarakter tenang, duduk di baris kedua kursi, dan menyerahkan instruksi saat permainan kepada para asisten. Jadi kita tidak akan melihat seorang pelatih berjalan hilir mudik lalu berteriak-teriak kepada para pemain dari pinggir lapangan Old Trafford.

BACA JUGA  Derby Liverpool: Morgan Schneiderlin Terancam Absen!

Gibolers! Berikan komentar terbaikmu untuk berita bola ini!